28 June 2017 13:58 WITA

Tips Menjaga Performa Mobil Usai Mudik

Editor: Almaliki
Tips Menjaga Performa Mobil Usai Mudik
Ilustrasi kendaraan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah memakan perjalanan yang cukup panjang. Tentu akan membuat performa kendaraan khususnya mobil, menurun. Untuk itu diperlukan pemeriksaan dan perawatan, agar transporter kembali siap untuk kembali digunakan dalam menjalani rutinitas seperti biasa.

Nah berikut ini beberapa tipsnya:

1. Kebersihan mobil

Untuk menjaga kebersihan dan kilau bodi mobil, lakukanlah proses wax. Begitupun dengan kaca menggunakan glass coating. Untuk ban, bisa dipakai tire restorer dan pelek memakai metal polish.

2. Ganti oli

Mengganti oli setelah menjalani perjalanan jauh sangat penting untuk dilakukan. Apalagi ketika mesin mobil mengeluarkan suara-suara aneh.

3. Cek starter mobil

Jika mobil tidak bisa di-starter, kemungkinan besar disebabkan oleh suplai bahan bakar atau udara yang kurang pada sistem karburator. Maka cobalah untuk memeriksa saringannya, cabut filter, dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi.

4. Periksa radiator 

Periksa apakah radiator mengalami kebocoran sebelum melakukan pergantian air. Pengurasan air radiator yang ideal yaitu dilakukan setiap jarak 10.000 km.

6. Periksa timing belt

Timing belt yang rusak kerap ditandai dengan timbulnya suara-suara dengung saat mesin dijalankan. Segera lakukan pengecekan, karena timing belt dapat putus dan membuat beberapa komponen mesin rusak.

5. Lakukan tune up secara rutin

Tune up secara rutin ke bengkel akan membuat mesin tetap awet. Apalagi yang berhubugan dengan komponen vital, seperti mesin, busi, filter bahan bakar, dan oli akan diperiksa.