28 June 2017 12:13 WITA

Usai Berlibur, Kembalikan Semangat Kerja dengan Lima Cara Ini

Editor: Almaliki
Usai Berlibur, Kembalikan Semangat Kerja dengan Lima Cara Ini
Ilustrasi bekerja

RAKYATKU.COM - Liburan lebaran merupakan waktu yang tepat untuk melepaskan rutinitas kerja yang membelit setiap hari. Sayangnya, waktu liburan tidak bisa dinikmati selamanya.

Pada saatnya libur akan berakhir dan kita harus siap untuk kembali menekuni pekerjaan. Di masa inilah banyak orang sulit beradaptasi. Alih-alih bersemangat, pikiran pasca-liburan malah membuat mereka kurang produktif.

Melansir laman Forbes, ada lima hal yang dapat dilakukan agar semangat kerja bisa kembali tinggi setelah liburan panjang.

Pertama, buat rencana matang. Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat Anda lebih semangat bekerja. Buatlah rencana pekerjaan yang dapat diselesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa minggu ke depan.

Dengan begitu, Anda secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya dan secara tidak sengaja semangat kerja pun bisa kembali meningkat. Jika punya rencana yang jelas, maka Anda juga memiliki tujuan kerja dan hal itulah yang bisa memacu pikiran untuk lebih bersemangat.

Kedua, mengulas kembali pekerjaan. Sisihkan juga sebagian waktu untuk mengulas kembali pekerjaan yang sudah dilakukan sebelum waktu libur tiba. Apa yang sudah Anda kerjakan dan sampai mana kemajuan dari pekerjaan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk menyusun strategi pekerjaan dalam beberapa waktu ke depan.

Ketiga, bersosialisasi dengan rekan kerja di kantor dapat menghilangkan stres yang sering muncul di hari pertama bekerja setelah libur panjang. Cobalah untuk menceritakan pengalaman unik yang didapat selama liburan. Anda juga bisa bertanya mengenai hal apa saja yang rekan Anda lakukan sepanjang waktu libur.

Keempat minta bantuan rekan kerja. Apabila Anda merasa kelelahan untuk bisa mengerjakan beberapa pekerjaan selepas waktu libur, jangan ragu untuk meminta bantuan pada rekan kerja. Dengan begini, pekerjaan yang harus bisa diselesaikan juga dapat terlaksana dengan baik.

Terakhir, Fokuslah pada prioritas. Tidak semua pekerjaan harus Anda selesaikan sekaligus dalam waktu yang sama. Anda pasti memiliki prioritas akan pekerjaan mana yang harus bisa diselesaikan lebih dulu.

Cobalah fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki prioritas lebih penting. Anda dapat membuat waktu menjadi lebih produktif nantinya.

Tags
tips