28 June 2017 10:21 WITA

Ingin Aman dan Nyaman Saat Arus Balik? Perhatikan Hal Berikut

Editor: Almaliki
Ingin Aman dan Nyaman Saat Arus Balik? Perhatikan Hal Berikut

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - H+6 hingga H+8 lebaran diprediksi bakal jadi titik puncak arus balik tahun ini. Berbagai masalah akan ditemui saat arus balik jika tidak dipersiapkan sejak awal dan secara matang.

Untuk mendapatkan perjalanan arus balik yang nyaman, setidaknya ada beberapa anjuran kesehatan bagi pemudik yang sedang dan akan melakukan perjalanan.

Pertama, mulailah berjalan arus balik dalam keadaan segar, jangan mengemudi ketika amat lelah sesudah acara di kampung halaman. Istirahat dulu sebelum memulai arus balik.

Selanjutnya, apabila ada keluhan kesehatan tertentu maka jangan ragu untuk mengunjungi berbagai fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia selama perjalanan.

Yang paling penting, istirahatlah ketika lelah, atau sesudah 4 jam berkendara.  Terkhusus bagi pengemudi harus mewaspadai konsumsi obat yang mungkin menyebabkan kantuk.

Walaupun harus mengantisipasi macet yang panjang, jangan mengonsumsi minuman energi secara berlebihan. Jauh lebih penting untuk makan bergizi dan istirahat bila sudah lelah.

Siapkan juga makanan untuk anak-anak kecil dalam kendaraan. Dan apabila akan makan atau minum di warung atau penjual di pinggir jalan, selalu perhatikan kebersihan makanan dan selalu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebelum makan. Dan jagalah selalu kebersihan perorangan dan lingkungan. 

Lalu siapkan kondisi kendaraan Anda, dan selalu patuhi aturan lalu lintas serta petunjuk petugas di lapangan. Kendaraan dan lalu lintas yang baik akan sangat berpengaruh bagi kesehatan dan pencegahan kecelakaan

Terakhir, bila menggunakan bus umum, ingatkan pengemudinya untuk tidak ngebut dan beristirahat atau berganti supir setelah 4 jam berkendara. Keselamatan dan kesehatan perlu selalu kita utamakan bersama.