25 June 2017 14:45 WITA

Victor Terharu Melihat Lebaran di Toraja

Editor: Almaliki
Victor Terharu Melihat Lebaran di Toraja

RAKYATKU.COM, TORAJA - Ribuan umat Muslim di Makale menggelar salat Ied di Masjid Raya Makale. Hadir pula Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara (VDB) pada Minggu (25/6/2017).

"Mewakili pemerintah daerah saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri untuk kita semua. Tadi saya terharu saat gema Allahu Akbar diiringi bunyi lonceng gereja," kata VDB saat memberi sambutan usai salat Ied.

Dikatakan Victor yang didampingi istri dan anak-anaknya yang juga merayakan idul fitri, perbedaan yang ada di Toraja sangat indah sebab dibingkai dalam kebersamaan. Di Tana Toraja, sesungguhnya tidak ada minoritas dan mayoritas.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada kita semua yang telah memelihara kerukunan umat hingga tercipta ketentraman dan kenyamanan di Toraja kita ini," jelas mantan Kapolres Tana Toraja itu.

Menghadapi perhelatan politik tahun 2018 mendatang, Victor juga berpesan agar warga tetap menjaga ketertiban dan keamanan. Kata Victor, warga mesti mewaspadai kampanye hitam.

"Jangan karena berbeda pilihan kita jadi tercerai-berai. Mari kita menjaga semua itu," pungkasnya.

Sekadar diketahui, salat Ied 1 syawal 1438 H 2017 di kota Makale, dilaksanakan di delapan titik. Di Masjid Raya Makale sendiri, puluhan jemaah terpaksa salat di halaman masjid sebab tidak kebagian tempat.