25 June 2017 15:45 WITA

Lebaran, TPU Faisal Ramai Pelayat

Editor: Almaliki
Lebaran, TPU Faisal Ramai Pelayat

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Momen Idul Fitri menjadi salah satu alasan umat Muslim saling bermaaf-maafan. Selain itu, ada banyak ciri khas yang tersaji pada hari perayaan tersebut.

Seperti berziarah ke makam sanak saudara di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Faisal, Kota Makassar misalnya.

Ratusan pelayat serentak datang ke pemakaman tersebut hanya untuk mengunjungi keluarga yang telah berpulang kepada sang khalik.

Seperti Syarif (35), pengunjung yang datang bersama anak, istri dan saudaranya. Ia mengatakan kalau berziarah ke makam ayah-nya wajib dilaksanakan.

"Tapi bukan hanya di hari raya saja. Sebelum puasa kami juga datang ke sini (TPU Faisal)," ujarnya, Minggu (25/6/2017).

Memang orang tuanya telah berpulang sekitar 7 tahun silam. Meski demikian, menurutnya orang yang telah meninggal tak lantas dilupakan. "Makanya kami datang untuk mendoakan almarhum," katanya.

Bagi Syarif, berkunjung ke-makam orang tuanya mampu mendekatkan diri kepada orang tuanya. Bahkan menurutnya, ia seperti mengenang kembali semasa hidup orang yang telah meninggal. "Seperti kita kembali mengingat," tukasnya.

TPU Faisal sendiri masih dipadati warga Makassar yang berziarah ke makam keluarganya. Seperti tahun sebelumnya, TPU ini memang sangat ramai dikunjungi warga saat jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.