25 June 2017 06:32 WITA

Makna Lebaran Menurut Sekwan Luwu Utara

Editor: Adil Patawai Anar
Sekretaris DPRD Luwu Utara, Muhtar Jaya.

RAKYATKU.COM, LUTRA - Sekretaris DPRD Luwu Utara, Muhtar Jaya meminta seluruh masyarakat agar selalu senantiasa berdoa dalam perayaan Idul Fitri. Sebagaimana yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Ia berharap, semoga Allah SWT menerima amaliyah Ramadan seluruh ummat muslim.

"Semoga amalan-amalan selama puasa dan di luar puasa kita diterima oleh Allah SWT. Jangan merasa diri kita sudah sempurna, agar terhindari dari sifat sombong, ujub, riya' atau penyakit hati lainnya. Tetap menjaga hati dalam keikhlasan dan kesabaran, tetap istiqomah di dalam ketaatan. Semoga kita dapat menjaga fitrah Allah SWT untuk kesucian hati kita di dalam ridho-nya," kata Muhtar Jaya, Minggu (25/6/2017).

Menurutnya, momen lebaran sepatutnya dijadikan introspeksi diri dan sadar diri dengan realitas kehidupan sosial. Masyarakat harus memaksimalkan zakat fitrah-nya. Mengingat masih banyak masyarakat hidup di bawah garis kemiskinan. Oleh karena itu, saling berbagi dengan sesama merupakan keharusan yang wajib dilakukan.

"Idul Fitri juga sebenarnya tes awal kita untuk amalan yang telah kitab lakukan setelah Ramadan. Apakah dosa-dosa yang bisa menggugurkan puasa masih bisa kita jalani setelah puasa. Puasa juga mengajarkan kita selalu bijak dalam mengambil keputusan, dan tidak menyelesaikan masalah kehidupan dengan emosional," pungkasnya.