Minggu, 25 Juni 2017 05:30 WITA

Bakal Gelar Open House saat Lebaran? Perhatikan 6 Hal Ini

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bakal Gelar Open House saat Lebaran? Perhatikan 6 Hal Ini

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Open House atau perjamuan tamu saat lebaran tiba adalah salah satu tradisi di hampir seluruh kota di Indonesia. Tujuannya untuk menjaga silaturahmi dalam dan merayakan hari kemenangan saat Idul Fitri.

Sebelum membuka pintu rumah Anda lebar-lebar, ada beberapa hal yang baiknya diperhatikan. Agar perayaan lebaran senantiasa berjalan lancar.

Berikut tips sederhana yang bisa Anda terapkan saat menggelar open house, dikutip dari situs The Inspired Room.

1. Bersihkan rumah 
Membersihkan rumah bukan berarti  hanya membersihkan rumah dari kotoran dan debu. Sebaiknya singkirkan perabotan rumah yang tidak diperlukan untuk acara open house ke dalam gudang atau garasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang gerak lebih bagi para tamu yang diundang.

2. Buat dekorasi sendiri
Daripada harus menggunakan dekorasi sekali pakai yang terkesan murah, dengan alasan menghemat dana, ada baiknya Anda mencoba membuat sendiri dekorasi untuk rumah. Misalnya,  merangkai bunga-bunga segar yang ditempatkan di sebuah wadah menarik atau ucapan Selamat Lebaran buatan Anda dan keluarga yang menghiasi meja tamu atau ruang santai.

3. Siapkan suguhan secara praktis
Salah satu sumber stress ini adalah apa yang tertinggal dari makanan. Jika Anda memasak, pastikan masakan Anda telah siap satu hari sebelum dan hanya perlu dipanaskan di hari digelarnya open house. Wadah praktis berupa peralatan makan dan minuman yang praktis juga akan membantu. 

Jika dana Anda mencukupi, tak ada salahnya memesan jasa katering. Selain memudahkan proses memasak, Anda juga tak perlu repot memikirkan cucian peralatan makan

4. Tata meja sajian makanan
Jika tamu Anda terbilang cukup banyak, meja makan yang ditata makanan secara prasmanan akan lebih memudahkan serta praktis, daripada menggelar makan bersama di meja makan. Anda juga dapat memisahkan tempat untuk makanan, minuman, dan cemilan. 

Hal ini selain memudahkan tamu untuk mengambil konsumsi, juga memudahkan Anda mengontrol persediaan makanan dan minuman.

5. Pikirkan denah interaksi tamu
Pilihlah jenis perayaan open house Anda. Apakah akan diadakan di area terbuka, berdiri, atau duduk. Siapkan jumlah kursi dan coba tempatkan di beberapa bagian  yang tidak terlalu berkelompok.

6. Sediakan tempat sampah di beberapa sudut
Terakhir, sediakanlah tempat sampah yang memadai untuk para tamu yang datang. Pilihlah tempat sampah yang memiliki tutup agar perayaan senantiasa berlangsung bersih dan nyaman.