Jumat, 23 Juni 2017 13:00 WITA

Pantau Mudik, Menhub : Empat Bandara Tumbuh di Atas Rata-rata

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pantau Mudik, Menhub : Empat Bandara Tumbuh di Atas Rata-rata
ilustrasi mudik. Int.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya terus memantau pergerakan arus mudik, baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Budi mengungkapkan, ada empat bandara yang menunjukkan peningkatan penumpang dengan persentase tinggi selama masa arus mudik 2017. bahkan menurutnya, kenaikannya di atas rata-rata. Kenaikan jumlah penumpang tertinggi terjadi di Bandara Pontianak, disusul Pekanbaru, kemudian Palembang.

"Ada empat bandara yang pertumbuhannya di atas rata-rata. Secara ekstrem itu Pontianak, tumbuhnya 35 persen, yang kedua Pekanbaru 25 persen, yang ketiga Palembang dan Halim, itu lebih dari 9 persen," ujarnya yang dikutip dari Detik.com, Jumat (23/6/2017).

Menurut Budi, peningkatan tersebut menunjukkan okupansi pesawat yang baik. Namun dia tetap meminta operator meningkatkan slot yang ada.

"Artinya okupansi pesawat akan baik. Artinya sekali pun ada tambahan flight 400. Saya tetap mengimbau kepada operator penerbangan untuk meningkatkan slot-slot yang sudah diminta. Karena ada beberapa titik yang pertumbuhannya di atas rata-rata," kata Budi.

Dikutip dari resume rencana operasi angkutan Lebaran Kemenhub, jumlah penumpang pesawat pada mudik tahun 2016 sekitar 4,9 juta. Pada tahun ini diprediksi meningkat menjadi 5,4 juta.