Jumat, 23 Juni 2017 10:38 WITA

Tips Sehat Saat Lebaran Ala Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Sehat Saat Lebaran Ala Menteri Kesehatan Nila Moeloek

RAKYATKU.COM - Menjaga kesehatan dengan pola makan yang tepat sangat penting saat lebaran. Mengingat selama puasa Ramadan, pola makan dan hidup berubah. Jangan sampai perubahan tersebut membuat tubuh kita kaget dan mengalami gangguan kesehatan.

Hal ini pula yang diserukan oleh Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F Moeloek. Ia berharap masyarakat tidak melupakan pola makan yang sehat, saat Lebaran nanti.

"Kita sudah sebulan berpuasa, hari pertama Lebaran biasanya lupa ya, makanan semua enak sekali. Dikira-kira saja, kita bisa mengukur diri sendiri," ujar Nila yang dilansir dari Antara.

Jamuan yang disajikan saat Lebaran cenderung mengandung kalori yang tinggi, bersantan dan manis. Begitu pula saat berkunjung ke rumah sanak saudara yang kurang lebih akan menyajikan makanan yang hampir sama. Untuk itu, Nila mengingatkan agar, mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi, karena akan dilakukan secara berkali-kali saat melakukan silaturahmi.

"Makan sedikit-sedikit, tapi bisa mencoba beberapa kali, itu barangkali lebih bagus dibanding sekaligus mau lagi mau lagi," tambahnya.

Disamping mengingatkan masyarakat agar menjaga pola makan saat lebaran, Nila juga mengimbau agar tetap memeriksa kondisi kesehatan. Hal ini untuk deteksi dini jika terjadi gangguan pada tubuh.