Jumat, 23 Juni 2017 09:44 WITA

Tips Cegah dan Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Cegah dan Atasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik
ilustrasi mabuk perjalanan. Int.

RAKYATKU.COM - Mual dan muntah sepanjang perjalanan saat melakukan mudik sering kali dirasakan. Utamanya ketika mudik menggunakan kendaraan roda empat ke atas. 

Mual dan muntah adalah gejala utama dari mabuk perjalanan. Gejala lainnya bisa berupa keringat dingin, sakit kepala, dan kulit pucat. Untuk mencegah mabuk perjalanan, ada beberapa hal yang harus dilakukan sehari sebelum berangkat mudik. Berikut ini beberapa kiat untuk terhindar dari rasa mual sepanjang perjalanan mudik yang dilansir dari Klik Dokter.

Pertama hindari kebiasaan merokok, minum kopi, dan mengonsumsi minuman beralkohol. Hal ini dilakukan agar tubuh fit dan segar saat melakukan perjalanan. Karena salah satu faktor penyebab mabuk perjalanan, yakni kondisi tubuh yang kurang fit.

Selain itu, hindari konsumsi makanan berlemak dalam porsi yang terlalu besar. Hindari juga terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan produk susu.

Jangan membaca buku atau telepon genggam sepanjang perjalanan, karena dapat memicu rasa pusing dan mual. Serta minumlah air putih secukupnya.

Selain kiat di atas, pemilihan posisi duduk pada sarana transportasi yang tepat juga bisa menghindarkan dari rasa mual sepanjang perjalanan. 

Jika terlanjur mual, sebaiknya alihkan pikiran dengan mendengarkan musik atau mengonsumsi biskuit. Memakan permen jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual. Membawa obat pencegah mabuk juga menjadi solusi yang tepat.