Kamis, 22 Juni 2017 17:56 WITA

Jelang Sidang Isbat, Ini Harapan MUI

Editor: Mulyadi Abdillah
Jelang Sidang Isbat, Ini Harapan MUI

RAKYATKU.COM - Pemerintah akan menggelar sidang isbat dalam penetapan awal Syawal 1438H pada Sabtu, 24 Juni 2017 di Kantor Kementerian Agama.

Dalam Taushiyah Dewan Pimpinan MUI menyambut Idul Fitri 1438H, MUI berharap tidak terjadi perbedaan dalam penetapan 1 Syawal 1438H. 

Namun demikian, jika terjadi perbedaan di antara warga masyarakat, MUI mengimbau hal itu hendaknya disikapi dengan penuh damai, saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya dengan mengedepankan semangat ukhuwah Islamiyah.

Sidang isbat melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), ormas-ormas Islam, para Duta Besar Negara sahabat, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sebagaimana isbat awal Ramadlan lalu, proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H. Adapun proses sidang isbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

Kementerian Agama akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1438H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait setempat.