Kamis, 22 Juni 2017 17:48 WITA

Siap-siap Mudik? Ini Tips Mengatasi Mabuk Tanpa Obat

Editor: Suriawati
Siap-siap Mudik? Ini Tips Mengatasi Mabuk Tanpa Obat
INT

RAKYATKU.COM - Mabuk perjalanan adalah masalah utama yang menghantui orang-orang yang akan melakukan perjalanan jauh.

Ketika mengalami mabuk perjalanan, perut akan terasa mual, kepala pusing, dan ada peningkatan air liur. Pada dasarnya, masalah ini bisa diatasi dengan meminum obat, tapi bagaimana jika Anda sedang berpuasa?

BACA JUGA: Konsumsi 3 Buah Ini Saat Buka Puasa! Manfaatnya Luar Biasa

Berikut beberapa tips mengatasi mabuk perjalanan, tanpa harus membatalkan puasa untuk minum obat:

1. Duduk di bagian depan
Jika Anda bepergian menggunakan mobil, usahakan duduk di kursi depan. Menurut ahli, mabuk bisa disebabkan oleh adanya ketidaksesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan.

Jika Anda duduk di kursi depan, fokus mata Anda akan berada di jalan, sehingga membuat mata dan tubuh Anda menginterpretasikan informasi yang sama.

2. Fokuskan pandangan
Jika Anda tidak mendapatkan kursi di bagian depan, Anda bisa mencoba metode lain, dengan memfokuskan pandangan pada cakrawala. Lihatlah ke luar dinding jendela, perhatikan pohon, gunung, atau obyek yang ada di depan sehingga membantu mata, telinga bagian dalam, dan juga saraf tetap berada dalam kondisi terkendali.

3. Posisikan kepala dalam keadaan stabil
Untuk menjaga pandangan mata tetap dalam keadaan stabil ada baiknya Anda menjaga posisi kepala dalam keadaan yang stabil. Hal itu akan menjaga kondisi kepala tetap dalam kondisi rileks, sehingga Anda tidak merasa pusing. 

4. Hindari pandangan ke bawah
Hindari melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda menunduk atau melihat ke bawah. Hal ini bertujuan untuk mencegah rasa mual dan pusing. Hindari juga mengetik di smartphone, karena akan membuat Anda semakin puasing.

5. Gunakan minyak angin
Minyak angin adalah obat paling ringan namun efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan. Oleskanlah minyak angin di dada dan juga perut Anda untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh.