Kamis, 22 Juni 2017 13:00 WITA

Sopir Mobil Daerah Trayek Selatan Sulsel Bebas Narkoba

Editor: Almaliki
Sopir Mobil Daerah Trayek Selatan Sulsel Bebas Narkoba

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sopir angkutan dengan trayek Bantaeng, Jeneponto, dan Selayar atau daerah Selatan Sulawesi Selatan dinyatakan bebas dari penggunaan narkotik, seusai urine mereka diperiksa oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan.

Tes urine sopir itu dilakukan di Terminal Malengkeri Jalan Malengkeri Kecamatan Rappocini, Kota Makassar pada Kamis (22/6/2017).

"Setelah kita periksa, 15 sopir yang mengikuti tes urine negatif menggunakan narkoba," ungkap Kabid Pemberantasan BNNP Sulsel, Jamaluddin.

Jamal mengaku sopir tersebut dinyatakan layak untuk beroperasi. "Target kita memang supir dengan trayeknya jauh,  pada tahun kemarin ada empat sopir angkutan tujuan Selayar dan Palopo dinyatakan positif menggunakan narkoba setelah mengikuti tes urine," tambahnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polrestabes Makassar?, AKBP Hamkah mengatakan salah satu langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas selama musim mudik, adalah melakukan tes kesehatan kepada para sopir.

"Ini untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian sopir," ungkap Hamka.

Selain itu, Hamka menyebut bagi sopir yang dinyatakan positif maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku. "Apabila ada di antara mereka yang ditemukan positif saat tes urine, maka akan kita proses sesuai hukum," tambah Hamkah.