Kamis, 22 Juni 2017 10:51 WITA

Tips Agar Anak Sehat dan Tak Rewel Saat Mudik Lebaran

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Agar Anak Sehat dan Tak Rewel Saat Mudik Lebaran

RAKYATKU.COM - Demi merayakan Hari Raya Lebaran bersama dengan keluarga, cukup banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh dan sangat melelahkan agar bisa pulang ke kampung halaman. 

Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, perjalanan mudik bisa membuat mereka khawatir mengingat anak bisa saja kelelahan atau jatuh sakit selama atau setelah perjalanan. Selain itu, ada kemungkinan juga anak akan menjadi rewel di tengah-tengah perjalanan mudik. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk membuat anak tidak rewel dan tetap sehat saat mudik?

Dilansir Doktersehat, pakar kesehatan di bidang spesialis gizi klinik bernama dr. Dian Permatasari menyebutkan saat mudik, kita harus memastikan anak tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum air dengan cukup agar tidak terkena dehidrasi. 

Dian sendiri menyarankan kita untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup atau berhenti di tempat makan yang higienis demi memastikan anak tetap mendapatkan asupan makanan yang cukup. Selain itu, ada baiknya kita kerap berhenti dan beristirahat agar anak bisa sempat bergerak dan bermain-main yang membuat moodnya tetap ceria selama perjalanan.

Ada baiknya kita tidak mengajak anak melakukan mudik dengan menggunakan sepeda motor. Posisi duduk tanpa sandaran saat berkendara bisa membuat anak mudah mengantuk dan terjatuh. Selain itu, paparan sinar matahari, hujan, debu, dan polusi juga bisa membuat daya tahan tubuh anak melemah sehingga mereka pun mudah jatuh sakit.

Jika kita memakai angkutan umum, besar kemungkinan anak menjadi rewel selama perjalanan mudik karena bosan atau rasa lelah. Untuk mencegah hal ini, cobalah untuk berbicara terlebih dahulu dengan anak mengenai perjalanan panjang yang akan dilewati sehingga secara mental mereka akan lebih siap. 

Ada baiknya kita tidak memangku anak selama perjalanan dan memberikannya kursi tersendiri agar bebas untuk duduk atau tiduran. Selain itu, pilihlah waktu perjalanan di malam hari agar mereka bisa tidur dengan lebih lama sehingga tidak mudah rewel.

Jika anak rewel karena bosan saat perjalanan, kita bisa mengajaknya berdiri atau berjalan-jalan sebentar. Selain itu, ajaklah anak mengobrol tentang pemandangan di luar atau memberikannya gadget yang berisi tentang permainan atau tontonan edukasi. Berikan pula pijatan pada anak agar rasa lelah atau pegal pada tubuhnya bisa hilang.