19 June 2017 17:45 WITA

Konsumsi 3 Buah Ini Saat Buka Puasa! Manfaatnya Luar Biasa

Editor: Suriawati
Konsumsi 3 Buah Ini Saat Buka Puasa! Manfaatnya Luar Biasa
INT

RAKYATKU.COM - Saat berbuka puasa, kita disarankan untuk memilih makanan yang mudah dicerna, agar tidak menyebabkan masalah pencernaan.

Salah satu pilihan berbuka yang dianjurkan adalah buah-buahan. Tapi, tentunya Anda harus bijak dalam memilih buah. Buah buahan yang mengandung banyak air adalah pilihan yang tepat.

Dilansir dari Hellosehat, berikut tiga buah yang yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa:

1. Semangka
Semangka dikenal mengandung banyak air. Buah ini memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92% sehingga dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Semangka juga mengandung antioksidan, vitamin A, serta vitamin C, yang dapat membantu regenerasi sel pada kulit dan menyehatkan rambut.

2. Apel
Jika dikonsumsi saat berbuka puasa, buah apel dapat membantu sistem pencernaan. Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, tapi apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh selama puasa.

Selain membantu kerja sistem pencernaan tubuh, serat dalam apel juga dapat memberi Anda efek kenyang, sehingga mencegah Anda makan berlebih saat berbuka.

Selain itu, apel juga dapat mengurangi risiko diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menjaga kesehatan jantung, mencegah katarak, hingga melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3. Anggur
Anggur bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama berpuasa. Anggur juga termasuk jenis buah yang gampang dicerna, dan bisa mempersiapkan sistem pencernaan Anda sebelum memproses makanan yang lebih kompleks.

Selain itu, antoksidan dalam anggur yang dikenal sebagai polifenol yang dapat mengurangi bahkan mencegah risiko terjadinya kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan kanker usus besar.