17 June 2017 17:25 WITA

Aturan Minum Saat Sahur dan Buka Puasa yang Benar

Editor: Suriawati
Aturan Minum Saat Sahur dan Buka Puasa yang Benar
INT

RAKYATKU.COM - Menahan rasa haus merupakan keluhan paling umum orang yang berpuasa. Banyak orang yang mengakui bahwa lebih mudah menahan rasa lapar dibandingkan rasa haus.

Untuk itu, penting untuk memperbanyak minum air putih setelah sahur hingga imsak. Tapi, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:

Umumnya, ahli kesehatan menyarankan kita untuk minum delapan gelas (sekitar 1,6 sampai 6 liter) air per hari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, yaitu satu gelas pada saat berbuka puasa, satu gelas setelah shalat maghrib atau sebelum shalat tarawih. Empat gelas bisa Anda sesuaikan waktunya dari selesai shalat tarawih sampai sebelum tidur, dan dua gelas saat sahur.

Disarankan juga untuk menghindari soft drink, karena mengandung banyak gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda.

Sementara itu air putih dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, dan ginjal. 

Dengan memenuhi kebutuhan air minum dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, maka bisa dipastikan ibadah puasa Anda akan berjalan lancar.