16 June 2017 11:52 WITA

Anda Sudah Terima THR? Begini Tips Bijak Mengelolanya

Editor: Fathul Khair Akmal
Anda Sudah Terima THR? Begini Tips Bijak Mengelolanya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembagian Tunjangan Hari Raya (THR), merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu para karyawan. Baik yang bekerja di kantor pemerintahan, maupun bekerja di perusahaan-perusahaan swasta.

Bagaimana tidak, jumlah uang THR yang lumayan besar, yakni setara dengan gaji satu bulan penuh bagi karyawan yang telah bekerja selama setahun ini, dirasa sangat membantu memenuhi kebutuhan di hari raya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Makassar, Erwin Hayya menuturkan, kendati THR bersifat bonus kerja, namun pemanfaatannya harus tetap dilakukan sebijak mungkin. 

"Jangan sampai hari raya masih lama, tapi uang THR-nya sudah habis. Akhirnya pas lebaran, kita malah pusing tidak punya uang," ujar Erwin, Jumat (16/6/2017)

Erwin menuturkan, tunjangan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan, sebaiknya dimanfaatkan untuk keperluan yang lebih produktif. Atau digunakan sebagai modal investasi di masa depan.

Berikut tips bijak memanfaatkan THR:

1. Buat rencana pengeluaran lebaran
Sesuai peruntukan awalnya, THR harus dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan dana dalam memenuhi kebutuhan lebaran, yang biasanya akan mengalami lonjak harga secara drastis, saat hari raya semakin dekat.

Oleh karena itu, sebelum berberlanja, sebaiknya buatlah daftar kebutuhan yang harus dibeli. Jangan lupa, untuk lebih memprioritaskan kebutuhan, bukan menuruti keinginan.

2. Sisihkan untuk pengeluaran wajib
Sebelum berbelanja, jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk pengeluaran wajib. Seperti zakat, biaya perjalanan mudik, serta THR untuk asisten rumah tangga atau sanak saudara. 

Jika pengeluaran wajib ini sudah disisihkan, tentu Anda bisa berbelanja dengan tenang.

3. Buat batasan saat ada diskon
Sudah menjadi hal lumrah. Dimana jelang hari raya, Anda akan menemukan diskon di mana-mana. Ingatlah, untuk membuat batasan saat berbelanja, dan jangan sampai tergoda oleh banyaknya diskon yang ditawarkan. 

Belilah kebutuhan yang paling mendesak, dan akan digunakan saat hari raya.

4. Tabung uang sisa THR
Meskipun THR memang ditujukan buat hari raya, namun jangan lupa untuk tetap menabung. Karena tidak menutup kemungkinan, uang tersebut akan sangat Anda butuhkan untuk keperluan mendadak dan tidak terduga. 

Jadi manfaatkan uang THR sebaik mungkin, dan simpan sisanya untuk keperluan lainnya.