11 June 2017 03:00 WITA

Bolehkan Sahur dengan Mie Instan Saja?

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bolehkan Sahur dengan Mie Instan Saja?

RAKYATKU.COM - Bagi mereka yang sedang merantau atau menjadi anak kos, mengkonsumsi mie instan saat santap sahur tentu bukanlah hal yang aneh untuk dilakukan. 

Tak hanya karena tidak sempat memasak makanan, cukup banyak orang yang malas untuk pergi keluar membeli makanan di saat jam sahur yang dingin dan sepi. 

Hanya saja, karena mie instan sudah dikenal sebagai makanan yang kurang sehat, apakah tidak apa-apa jika kita hanya mengkonsumsi mie instan saja saat sahur?

Pakar kesehatan menyebutkan jika mie instan hanya memiliki kalori atau karbohidrat saja. Memang, makanan ini memiliki rasa yang enak dan bisa mengenyangkan. 

Hanya saja, mengingat saat berpuasa kita akan tidak mendapatkan asupan nutrisi apapun dalam waktu yang lama, ada baiknya kita melengkapi kebutuhan asupan gizi kita saat sahur atau berbuka. Hal ini berarti, ada baiknya kita memastikan untuk mengkonsumsi minimal asupan serat, mineral, dan vitamin selain karbohidrat pada saat sahur.

Pakar kesehatan mengatakan bahwa kita boleh-boleh saja makan mie instan saat sahur, hanya saja, ada baiknya kita menambahkan bahan lain layaknya sayuran bayam, sawi, kangkung, tomat, dan lain sebagainya pada mie tesebut.

Pakar gizi Patrick Holfond sendiri menyarankan kita mengkonsumsi sayuran dengan porsi yang setara dengan mie instan tersebut. Dengan adanya sayuran, maka kita bisa memenuhi asupan zat besi, vitamin A dan C, antioksidan, dan berbagai mineral dan nutrisi lain yang bisa membuat kita kuat berpuasa sekaligus menjaga kesehatan tubuh. 

Tak hanya itu, kita juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik dalam melawan radikal bebas, menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan memastikan produksi sel darah merah tetap normal.