03 June 2017 21:09 WITA

Jalangkote Masih Jadi Favorit Saat Buka Puasa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Jalangkote Masih Jadi Favorit Saat Buka Puasa
Salah seorang pedagang Bazar Ramadan di IMMIM, Makassar, Sabtu (3/6/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jalangkote, penganan khas Sulawesi Selatan ini masih menjadi makanan favorit saat berbuka puasa. Bahkan hampir setiap hari tersaji di meja makan atau kotak makanan, yang disajikan selama Ramadan 2017.

Disantap bersama kuah sambal cair. Jalangkote yang terbuat dari adonan kering ini diisi dengan berbagai bahan. Seperti wortel dan kentang yang dipotong kecil menyerupai dadu, potongan telur, tauge, daun bawang, mie atau bihun. Bahkan, adapula yang menambahkan daging ayam atau daging sapi.

Pedagang takjil di Pusat Kuliner Ramadan Mappanyukki, Nani menuturkan saat bulan Ramadan jalangkote yang dijajakanya selalu habis terjual.

"Diantara kue-kue yang lain, jalangkote paling laris. Bahkan biasanya masih ada yang cari. Jalangkote yang saya siapkan setiap harinya memang sedikit, cuma sekitar seratus biji perhari," tutur Nani, pedagang yang telah berjualan selama 17 tahun ini pada Rakyatku.com, Sabtu (3/6/2017).

Harga yang relatif murah, membuat para peminat tidak berpikir dua kali  untuk membeli penganan satu ini. Misalnya jalangkote buatan Nani, harganya hanya Rp1.500 per biji.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang pedagang Bazar Ramadan Immin. Fitriani mengatakan jalangkote adalah penganan paling dicari setiap kali bazar makanan diadakan.

"Alhamdulillah selalu habis, apalagi kalau hari kerja. Yang dari kantor banyak yang mampir untuk membeli. Setiap Ramadan, jalangkote memang jadi gorengan favorit di sini," ungkap Fitriani.