03 June 2017 15:32 WITA

Es Goyobod, Hidangan Lezat Nan Segar Untuk Berbuka Puasa

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Es Goyobod, Hidangan Lezat Nan Segar Untuk Berbuka Puasa

RAKYATKU.COM - Hidangan segar selalu menggoda untuk dijadikan menu buka puasa. Salah satunya sajian segar dari Jawa Barat, Es Goyobod. 

Es Goyobod populer di Jawa Barat apalagi saat Bulan Puasa. Mungkin sekilas sajian buka puasa ini terlihat seperti es campur pada umumnya. Namun, Es Goyobod memiliki keunikan tersendiri, dengan atas cita rasa khas, karena adanya adonan hungkwe atau kanji yang dipotong-potong.  

Berikut resep Es Goyobod dilansir dari Resepkoki, yang dapat dicoba di rumah :

Bahan
1 buah alpukat, ambil dagingnya
1 buah kelapa muda, dikerok dagingnya
50 gr kolang kaling, iris tipis
50 gr tepung hunkwe
75 gr tape singkong, potong kotak
75 gr tape ketan hitam
250 ml santan
300 ml air
Susu Kental Manis
Es Serut

Bahan Sirup
200 ml air
160 gr gula pasir
1/2 sdt garam

Cara Membuat
Pertama, untuk membuat sirup, rebus air, lalu tambahkan gula dan garam, lalu aduk hingga larut. 

Kemudian mulai olah bahan Es Goyobod nya. Pertama panaskan santan yang sudah disiapkan sambil diaduk-aduk agar tidak pecah, kemudian sisihkan. Campurkan hunkwe ke dalam air, aduk hingga rata kemudian panaskan sambil sesekali diaduk hingga kental dengan api kecil.
Setelah itu tuang hunkwe ke dalam loyang dengan ketebalan 1,5 cm, kemudian bekukan. Setelah beku keluarkan dari loyang dan potong kotak – kotak kecil. 

Lalu siapkan wadah untuk penyajian. kemudian masukan kelapa muda, alpukat, kolang kaling, tape singkong, tape ketan, goyobod dan es serut. Kemudian siram dengan santan, sirup dan susu kental manis sesuai selera. Es Goyobod yang lezat nan segar siap disantap.