Sabtu, 03 Juni 2017 13:03 WITA

Jalangkote Jumbo di Palu, Rasanya Enak Harga Terjangkau

Editor: Fathul Khair Akmal
Jalangkote Jumbo di Palu, Rasanya Enak Harga Terjangkau

RAKYATKU.COM, PALU - Warga Kota Makassar, baru-baru ini dibuat penasaran dengan jalangkote jumbo. Disebut jalangkote jumbo, karena ukurannya yang memang super besar. Tiga atau empat kali lipat, dari jalangkote biasanya yang kita jumpai.

Jalangkote memang merupakan ragam jajanan yang banyak dicari warga Makassar, khususnya di bulan suci ramadan. Namun ternyata, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, telah ada rumah produksi pembuatan jalangkote sejak tahun 1970-an.
 
Jajanan jalangkote ini, memang sering kita jumpai di sepanjang jalan, mulai sore hari hingga waktu berbuka puasa. Tapi, untuk warga yang ada di wilayah Kota Palu, untuk mendapatkan jenis kue ini, dapat ditemui di Jalan Thamrin, Kecamatan Palu Timur.
 
Beralaskan atap rumbia dan tembok dari papan. menjadi tempat rumah produksi jalangkote raksasa. Jalangkote raksasa ini memang sangatlah terlihat unik. Selain rasanya yang khas, jalangkote ini memiliki ukuran yang sangat besar. Untuk menghabiskan satu jalangkote saja, rasanya tidak sanggup.

Jalangkote Jumbo di Palu, Rasanya Enak Harga Terjangkau
 Dengan bawang merah, merica dan telur merupakan  isi bagian dalam jalangkote jumbo di Palu. Pemilik rumah produksi jalangkote raksasa, Wati menyampaikan pembuatan jalangkote raksasa ini sudah turun temurun sejak tahun 1970-an. Pembuatannya, hanya difokuskan pada saat bulan suci ramdan
 
“Dalam sehari, jalangkote habis terjual sebanyak tiga puluh biji. Dengan harga tujuh ribu lima ratus rupiah perbiji,” kata Wati saat ditemui, Sabtu (3/6/2017).

Soal harga yang lebih mahal dari jalangkote biasanya, tidak menjadi soal bagi pecinta jajanan jalangkote. 
 
“Setiap waktu menjelang buka puasa, saya bersama keluarga singgah untuk membeli jalangkote. Dan juga  jalangkote raksasa memiliki cita rasa yang sangat unik, dan dengan memakan satu buah jalangkote sudah langsung kenyang,” ungkap Ida, warga Kecamatan Palu Selatan.

Berita Terkait