Senin, 04 Mei 2020 12:01 WITA

Tujuh Cara yang Dilakukan Agar Mudah Bangun untuk Sahur

Editor: Abu Asyraf
Tujuh Cara yang Dilakukan Agar Mudah Bangun untuk Sahur
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Hari ini, Senin (4/5/2020), Ramadan sudah memasuki hari kesebelas. Sudah berapa kali Anda tidak bangun sahur?

Jika sering, maka Anda perlu mengikuti tujuh langkah-langkah berikut ini. Selain memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa, makan sahur juga sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Berikut beberapa tips agar mudah bangun sahur:

1. Tidur lebih awal

Cobalah beberapa malam untuk tidur lebih awal dari biasanya jika tidak ada rencana keluarga. Dengan cara ini, ketika Anda bangun untuk sahur, tubuh lebih segar karena telah diberi waktu istirahat yang cukup lama.

Tidur pada pukul 01.00 lalu bangun pukul 03.00 pagi bisa sangat melelahkan bagi tubuh. Idealnya, tubuh diistirahatkan sejak pukul 10.00 malam sampai 03.00 pagi. Rasakan perbedaan besar dalam bagaimana tubuh bereaksi ketika bangun. 

2. Jadilah cerdas dengan alarm Anda

Banyak orang yang memencet tombol "tunda" jika jam alarm berbunyi. Hindari kebiasaan itu. Mulai sekarang, jauhkan alarm. Ketika berbunyi, bangun untuk mematikannya sehingga Anda tidak tergoda untuk kembali tidur. 

3. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Sangat menggoda untuk minum teh dan kopi di malam hari selama bulan Ramadan. Banyak orang, yang terbiasa minum kafein di pagi hari, akan mengarang cintanya untuk kopi dengan meminumnya di malam hari setelah berbuka puasa.

Bahkan jika Anda bahwa orang yang mengatakan "kopi tidak akan mempengaruhi saya sama sekali!" atau "Saya bisa minum kopi dan langsung tidur." Ini mungkin tidak membuat Anda terjaga, tetapi itu justru membuat Anda gelisah.

Jika Anda bisa, cobalah untuk menghindari minum minuman berkafein selama bulan Ramadan. Ini peluang besar untuk menghilangkan kebiasaan itu. 

4. Berolahraga secara teratur

Hampir semua orang tahu bahwa berolahraga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah tidur yang lebih baik dan lebih awal. Berolahraga adalah cara yang bagus bagi tubuh Anda untuk bernapas dengan benar, mengurangi berat badan, yang sebenarnya membantu Anda tidur lebih baik.

Bahkan berjalan cepat sebelum atau sesudah berbuka puasa, jika dilakukan secara konsisten, dapat memberi Anda dorongan energi dan membuat tidur Anda menjadi lebih tenang. Berolahraga baik sebelum berbuka puasa, atau sekitar jam 21.00 malam.

5. Jangan makan banyak setelah berbuka puasa

Ini adalah trik paling efektif. Saat berbuka puasa, usahakan makan kurma dan air putih. Usahakan makan makanan rendah karbohidrat yang seimbang. Bukan justru balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum.

Dengan sedikit makan saat berbuka puasa, otomatis kita masih lapar. Itu yang membuat kita termotivasi besar untuk bangun sahur. Kita niatkan untuk menutupi rasa lapar itu dengan makan sahur.

6. Jadikan sebagai hal keluarga

Makan sahur adalah kesempatan berkumpul bersama keluarga. Mungkin selama ini sangat jarang ada waktu berkumpul akibat kesibukan masing-masing. Di luar Ramadan, mungkin makan sendiri-sendiri.

Tetapkan waktu tertentu untuk bangun bersama seluruh keluarga Anda. Ini cukup efektif ketika Anda memiliki sekelompok orang yang mencoba membangunkan Anda, atau membuat Anda bangun dari tempat tidur. 

Ketika Anda tahu bahwa Anda memiliki sesuatu yang direncanakan dengan orang lain, Anda lebih cenderung untuk bangun dan berharap untuk bergaul.

7. Gembira tentang sesuatu yang ingin Anda makan

Sebelum Anda tidur, pikirkan sesuatu yang akan membuat Anda bergairah dan membuat Anda bangun dari tempat tidur pada dini hari. Keju borek atau puding beras manis sebagai penutup sahur, misalnya.

 

Loading...
Loading...

Berita Terkait