Minggu, 16 Februari 2020 05:00 WITA

Salat Zuhur yang Tak Salah Walau Dikerjakan saat Waktu Zuhur

Editor: Nur Hidayat Said
Salat Zuhur yang Tak Salah Walau Dikerjakan saat Waktu Zuhur
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Waktu salat zuhur sebagaimana disebutkan para ulama fikih adalah ketika matahari sudah bergeser sedikit dari atas kepala hingga panjang bayangan suatu benda yang terkena matahari sama panjangnya dengan ukuran benda aslinya. 

Jika salat zuhur selain waktu tersebut, maka salat zuhur yang dilakukan dianggap tidak sah, kecuali jika salat yang dilakukan adalah salat zuhur yang qada, yaitu zuhur yang ditujukan sebagai pengganti dari salat zuhur yang belum dilakukan.

Namun, ada juga dhuhur yang tidak sah walaupun dikerjakan pada waktu yang telah ditentukan di atas. Apa waktu tersebut?
Syekh Zainuddin al Malibari dalam kitabnya yang berjudul Fathul Muin menjelaskan hal tersebut. 

Yaitu salat zuhur yang dikerjakan oleh orang yang wajib melakukan salat Jumat, namun dia tidak melakukan salat Jumat malah melakukan shalat dhuhur, selain itu shalat dhuhurnya dilakukan sebelum shalat Jumat yang dilakukan orang lain selesai.

"Salat zuhur dianggap tidak sah jika dilakukan oleh orang yang tidak memiliki uzur (tidak mengerjakan salat Jumat) sebelum salam imam (salat Jumat)."

Maka dari itu, bagi orang yang tidak memiliki uzur salat Jumat, malah melakukan salat zuhur, maka harus memperhatikan hal ini. Dia harus melakukan salat zuhurnya setelah salam imam salat Jumat.

loading...

Jika salat zuhur yang dilakukan tanpa kesadaran, maka salatnya dihitung salat sunah.

"Jika salat dilakukan berdasarkan ketidaktahuan maka dihitung salat sunah."

Wallahualam.

Sumber: Islami.co

Tags
Loading...
Loading...