Minggu, 02 Februari 2020 05:00 WITA

3 Ibadah yang Mewajibkan Berwudu

Editor: Nur Hidayat Said
3 Ibadah yang Mewajibkan Berwudu
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Berwudu adalah suatu aktivitas membersihkan beberapa anggota tubuh agar suci dari hadas saat hendak melakukan ibadah.

Meski demikian, tidak semua aktivitas ibadah mengharuskan berwudu. Salah satu contohnya saat hendak berzikir. 

Namun, ada beberapa ibadah yang menjadikan wudu sebagai wajib atau syarat sahnya suatu amalan.

Dikutip dari buku Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah Halaman 58 yang disusun oleh Dr Ahmad Hatta, terdapat tiga ibadah yang mengharuskan seorang muslim berwudu sebelum melakukan ibadah tersebut.

1. Salat
Allah swt berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan basuh kakimu sampai dengan kedua mata kaki. (al-Maidah [5]: 6)

2. Thawaf
Nabi Muhammad saw bersabda kepada ‘Aisyah, “Janganlah engkau tawaf di Baitullah sampai engkau bersuci.” (Shahih Bukhairi, 1/299; Muslim, 2/1211)

loading...

3. Menyentuh dan memegang musaf Al-Qur'an
Allah swt berfirman: "Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. (al-Waqiah [56]: 79)

Pendapat yang mewajibkan berwudu ketika menyentuh Al-Qur'an adalah pendapat Ali bin Abi Thalib, Imam Malik, Imam Syafi’i. 

Sementara Ibnu ‘Abbas, asy-Sya’bi, dan beberapa ulama lainnya membolehkan orang yang punya hadas kecil (tidak berwudu) untuk menyentuh Al-Qur'an, dan para ulama sepakat orang yang membaca Al-Qur'an dan hafalannya tidak harus suci dari hadas.

Sumber: Okezone.com

Loading...
Loading...