Rabu, 08 Januari 2020 04:30 WITA

Amalan untuk Pasutri yang Ingin Anak Laki-Laki

Editor: Nur Hidayat Said
Amalan untuk Pasutri yang Ingin Anak Laki-Laki
Foto: The Asian Parent.

RAKYATKU.COM - Sebagian pasangan suami istri ingin memiliki keturunan dengan jenis kelamin sesuai keinginan. Ada pasangan yang ingin segera mendapat momongan bayi laki-laki, begitu pula sebaliknya.

Ikhtiyar untuk mendapatkan anak laki-laki bisa menggunakan teori-teori medis, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung banyak sodium dan potassium seperti pisang dan stroberi, atau memperbanyak mengonsumsi daging. 

Selain itu, ada delapan pilihan makanan yang bisa membantu meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak laki-laki, yaitu pisang, sereal, jamur, buah jeruk, makanan bertepung, seafood, makanan asin, dan tomat. Selain mengubah pola makan, masih banyak teori medis lain yang bisa menjadi pilihan.

Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah ikhtiyar versi kitab kuning sebagaimana berikut:

Ikhtiar Doa

Doa merupakan ikhtiar yang sangat penting, sebab dengan doa kita memohon kepada Allah, zat yang akan menciptakan keturunan, agar berkenan menciptakan bayi laki-laki dari rahim istri. Allah telah memerintahkan untuk berdoa, dan Allah pasti akan mengabulkannya.

Ikhtiyar doa agar memiliki anak laki-laki dijelaskan oleh Syaikh Sulaiman al-Bujarami dalam Tuhfatul Habîb ‘ala Syarhil Khatib, berdasarkan informasi dari Rasulullah saw.: “Orang yang ingin istrinya melahirkan laki-laki, hendaknya dia meletakkan tangannya di perut istri pada saat hamil muda. Kemudian berdoa:

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Allah! Aku akan memberi nama anak yang ada dalam perut istriku dengan nama Muhammad. Untukku, jadikanlah dia anak laki-laki.”

Maka anak yang dikandung itu insyallah akan terlahir laki-laki.

Ikhtiar Melalui Posisi Bersetubuh

loading...

Ikhtiyar lain yang bisa dilakukan selain berdoa adalah dengan menggunakan posisi tertentu dalam bersetubuh. Menurut informasi Syaikh Sulaiman al-Bajuri, dia mengutip keterangan sebagian ulama yang mengatakan:

Apabila istri disetubuhi dalam posisi berdiri, jika dia mengangkat kaki kanannya, maka akan melahirkan anak laki-laki. Dan jika mengangkat kaki kirinya, maka akan melahirkan anak perempuan.

Selain posisi di atas, masih ada posisi lain dalam bersetubuh sebagaimana dijelaskan dalam Qurrotul Uyun karya Syaikh Abi Muhammad Maulâna at-Tihami, dia mengatakan:

Jika suami ingin memiliki anak laki-laki, hendaknya ia meminta istrinya agar tidur miring ke kanan setelah selesai bersetubuh. Jika ingin anak perempuan, hendaklah miring ke kiri. 

Jika ingin tidak hamil, maka tidur terlentang di atas punggung atau yang lain. Ibnu ‘Urdhûn mengutip keterangan pengarang kitab Îdhoh: ketika suami merasa akan ejakulasi, hendaknya dia miring ke arah lambung sebelah kanan. Begitu pula ketika ia ingin melepas kemaluan, hendaknya memiringkan istri ke arah lambungnya sebelah kanan. Insyaallah anaknya akan menjadi laki-laki.

Demikianlah beberapa posisi yang dijelaskan oleh para ulama yang dipercaya sebagai ikhtiyar untuk mendapatkan anak laki-laki. Posisi tersebut kemungkinan gen laki-laki atau kromosom Y yang berasal dari ayah dapat lebih cepat mencapai dan membuahi sel telur yang menyediakan kromosom X dengan selamat, sehingga terjadi kombinasi kromosom YX yang akan menghasilkan bayi laki-laki. Insyaallah.

Namun di balik itu semua, harus dikordinasikan dengan orang-orang yang ahli di bidang ini, termasuk dokter.

Wallahualam.

Sumber: Islami.co

Loading...
Loading...