Rabu, 13 November 2019 04:00 WITA

Bahasa Apa yang Digunakan Malaikat Berbicara?

Editor: Nur Hidayat Said
Bahasa Apa yang Digunakan Malaikat Berbicara?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Dalam hadis yang diriwayatkan Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak-nya, malaikat berbicara dengan bahasa manusia.

“Sesungguhnya Allah swt memiliki malaikat yang berbicara dengan bahasa manusia atas hal yang baik dan buruk.”

Hadis ini bagi para ulama tentu musykil, bagaimana bisa seorang malaikat berbicara dengan bahasa manusia? 

Ternyata dalam riwayat yang lebih lengkap, Nabi Muhammad saw mendoakan dua jenazah dengan doa yang berbeda. 

Jenazah yang pertama didoakan agar selamat sedangkan jenazah yang kedua sebaliknya. Namun, Rasulullah saw hanya menggunakan kata "wajabat" saja. (Al-?akim, al-Mustadrak, (Beirut: Dar al-Marifah, T.t), j. 2, h. 118.)

“Dari Anas bin Malik RA, berkata: Kami sedang duduk bersama Rasulullah saw, kemudian ada jenazah (disertai beberapa orang) keranda lewat. Rasulullah kemudian bertanya, “Apa ini?” Orang-orang yang mengikuti jenazah tersebut kemudian bilang, “Ini adalah jenazah orang yang mencintai Allah dan Rasul-Nya, taat kepada Allah dan berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan ketaatan. Rasulullah kemudian menjawab, “Wajabat, wajabat, wajabat.” Setelah itu datang lagi keranda yang lain. Orang-orang tersebut kemudian berkata, “Ini adalah jenazah orang yang dibenci Allah dan Rasul-Nya, gemar bermaksiat, kemudian Rasul menjawab, “wajabat, wajabat, wajabat,” Abu bakar kemudian heran dan bertanya mengapa Rasul hanya menjawab “wajabat” saja untuk dua jenazah yang berbeda. Rasul pun menjawab, “Benar wahai Abu Bakar, Sesungguhnya Allah swt memiliki malaikat yang berbicara dengan bahasa manusia atas hal yang baik dan buruk.”

Maka dari itu, yang dimaksud berbicara dengan bahasa manusia adalah bahasa “wajabat” yang diucapkan Rasul untuk mendoakan dua jenazah yang berbeda tersebut dapat ditangkap oleh malaikat walaupun hanya diucapkan sepotong saja.

Loading...

Hal ini tidak bisa dijadikan acuan bahwa malaikat berbicara dengan bahasa yang biasa digunakan manusia. 

Hadis tersebut hanya mengungkapkan Malaikat memahami perkataan atau bahasa manusia. Lalu, bahasa apa yang digunakan malaikat, terutama saat berbicara dengan sesama malaikat atau Allah swt? 

Kita semua tidak bisa menerka dengan pasti, karena hal tersebut merupakan perkara yang gaib.

Wallahualam

Sumber: Islami

Loading...
Loading...