Selasa, 30 Juli 2019 05:00 WITA

Ini 11 Tanda Manusia Celaka Dunia dan Akhirat

Editor: Nur Hidayat Said
Ini 11 Tanda Manusia Celaka Dunia dan Akhirat
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap manusia ada yang merasa hidupnya bahagia dan senang, juga tak sedikit yang merasa hidupnya celaka dan sengsara. Untuk mengetahui yang mana golongan orang yang berbahagia dan yang mana golongan orang yang celaka tentu bisa terlihat dari kesehariannya.

Namun, melihat dari keseharian seseorang tidaklah cukup, untuk itu dalam kitab Tanbihul Ghafilin, disebutkan ada 11 tanda orang yang celaka. Berikut penjelasannya.

Pertama, rakus terhadap harta. Selalu mengejar urusan dunia demi mengumpulkan dan memiliki banyak harta, seakan-akan harta adalah segalanya.

Kedua, keinginannya hanya untuk kepuasan syahwat dan kesenangan dunia. Orang seperti ini melupakan kewajibannya sebagai seorang hamba kepada Sang Pencipta, yaitu beribadah dan bersyukur atas pemberian Allah swt, bahkan menganggap sepele hal-hal yang berkaitan dengan ibadah.

Ketiga, buruk ucapannya dan banyak membicarakan aib orang lain (ghibah). Ucapan yang keluar dari mulutnya membuat orang lain terasa sakit hati, bahkan terkadang ditambah dengan perlakuan yang tidak baik.

Keempat, sering melalaikan salat lima waktu. Enggan diajak untuk beribadah menjalankan kewajibannya dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Kelima, senang bergaul bersama orang-orang yang durhaka. Karena pergaulannya itulah membuatnya juga menjadi durhaka, apalagi kepada perintah Allah swt.

Keenam, buruk akhlaknya. Memiliki budi pekerti yang tidak baik sehingga orang lain tidak merasa nyaman berada di dekatnya.

Ketujuh, sombong dan selalu membanggakan diri sendiri. Menganggap bahwa dirinya lebih baik dan lebih hebat dari orang lain, sehingga selain dirinya dianggap remeh tidak bisa apa-apa.

Loading...

Kedelapan, tak ingin memberi manfaat kepada manusia. Dalam arti enggan memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan. Meskipun sebenarnya ia mampu untuk membantu.

Kesembilan, sedikit/kurang menyayangi orang-orang mukmin, baik di sekitar lingkungan tempat tinggalnya maupun tempat yang jauh.

Kesepuluh, bakhil/kikir. Enggan mengeluarkan hartanya, baik untuk kewajiban yaitu zakat maupun sedekah.

Kesebelas, lupa kematian. Ketika tiba-tiba ia ingat kematian, hal itu tidak membuatnya berperilaku baik.

Demikian tanda-tanda orang yang celaka menurut para ulama dalam kitab Tanbihul Ghafilin. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari sebelas perilaku buruk tersebut.

Wallahualam.

Sumber: Islami.co

Loading...
Loading...