Selasa, 04 Juni 2019 20:02 WITA

Daripada Main Petasan, 5 Kegiatan Ini Lebih Positif di Malam Takbiran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Daripada Main Petasan, 5 Kegiatan Ini Lebih Positif di Malam Takbiran
Ilustrasi petasan. int.

RAKYATKU.COM - Malam takbiran adalah malam kemenangan bagi umat muslim, setelah berperang melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. 

Malam kemenangan ini biasanya dirayakan dengan berbagai cara, dari pawai, pesta kembang api, hingga main petasan. Bermain petasan mungkin terlihat seru, namun terkadang justru meresahkan.

Dari pada main petasan dan kembang api, 5 kegiatan ini lebih bermanfaat dilakukan, berikut daftarnya yang dikutip dari IND Times:

1. Takbiran di Masjid
Daripada sibuk menyalakan petasan dan kembang api, konvoi tidak jelas, naik kendaraan bermotor yang membuat jalan menjadi macet parah, lebih baik ke masjid untuk ikut mengumandangkan takbir. Selain mendapatkan pahala, Anda juga bisa menjadi lebih akrab dengan tetangga sekitar.

2. Ikut Serta Menjadi Panitia Zakat Fitrah
Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

Daripada menyalakan petasan dan kembang api pada malam takbiran, ikut membantu pengurus masjid untuk menyalurkan zakat fitrah kiranya lebih bermanfaat.

Loading...

3. Pawai Obor
Pawai obor ini termasuk kegiatan positif yang bisa dilakukan di malam takbiran. Selain ikut mengumandangkan takbir, juga bisa bersatu bersama banyak anak-anak yang berkeliling membawa obor. Sehingga mengumandangkan takbir lebih seru.

4. Memasak dan Membersihkan
Daripada menyalakan petasan dan kembang api. Ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatu untuk hari raya esok hari.

Dengan membantu orangtua untuk membersihkan rumah agar terlihat indah di hari yang begitu indah tentunya lebih bermanfaat. Anda juga bisa membantu ibu membuat kue dan menyiapkan makanan khas lebaran.

5. Menonton TV Bersama Keluarga
Daripada menyalakan petasan atau kembang api, lebih baik quality time bersama keluarga dengan menonton TV. Biasanya banyak acara televisi edisi khusus malam takbiran yang bisa menjadi pilihan.

Semoga hari terakhir Ramadan tahun ini Anda bisa mengisinya dengan sesuatu bermanfaat.

Loading...
Loading...