Selasa, 04 Juni 2019 09:01 WITA

Sediakan Obat Ini Dalam Kotak P3K Anda Sebelum Mudik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Sediakan Obat Ini Dalam Kotak P3K Anda Sebelum Mudik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, perjalanan mudik ke kampung halaman tentu sudah menjadi salah satu rencana, untuk berkumpul bersama keluarga. 

Beragam bingkisan Lebaran tentu sudah Anda persiapkan untuk dibawa serta. Namun satu hal penting lainnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah obat dalam kotak P3K.

Keberadaan kotak P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan kerap kali disepelekan. Padahal, ketika Anda atau anggota keluarga sakit saat dalam perjalanan mudik dan tidak menemukan klinik atau apotek yang bisa dikunjungi, kotak obat inilah yang dapat menolong.

Menurut dr Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kotak P3K yang lengkap dapat membantu Anda dalam mengatasi gangguan kesehatan, sebelum Anda sampai di pusat layanan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan yang sering muncul di dalam perjalanan mudik antara lain pusing, mual, muntah, diare, dan demam.

Oleh karena itu beberapa jenis obat dan peralatan yang wajib dimasukkan ke dalam kotak P3K, antara lain:

1. Obat penurun panas
Demam bisa muncul kapan saja, tak terkecuali saat berada di perjalanan mudik. Entah itu karena cuaca yang kelewat dingin, sakit flu yang muncul kembali karena kelelahan, atau karena faktor lainnya.

Maka dari itu, sediakan selalu obat penurun panas atau demam dalam kotak P3K Anda. Obat penurun panas yang paling mudah dan efektif untuk dibawa adalah parasetamol kapsul untuk orang dewasa dan parasetamol cair untuk anak-anak.

2. Obat pereda nyeri
Demam biasanya disertai juga dengan nyeri otot dan sakit kepala. Jadi, jangan lupa sediakan juga obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Bila Anda memiliki riwayat alergi obat dan rasa nyeri yang dirasakan tidak terlalu hebat, mengonsumsi parasetamol juga sudah cukup.

3. Obat anti diare dan keracunan
Ini juga tak kalah penting. Saat mudik, terkadang “kesialan” bukan cuma datang dari kecelakaan kendaraan saja, tetapi dari ketidakcocokan perut Anda terhadap makanan yang disantap saat mudik. Artinya, obat anti diare dan anti keracunan seperti norit atau attapulgit tidak boleh absen dari kotak P3K Anda.

Loading...

4. Obat anti alergi dan krim anti gatal
Sama seperti demam, alergi juga bisa muncul kapan saja. Tanpa Anda sadari, alergen yang berada di sekitar bisa membuat Anda bersin terus-menerus, sesak napas, gatal-gatal, dan juga bentol bengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan obat alergi (tablet/kapsul) serta krim hidrokortison. Lalu, sediakan juga krim gatal seperti kalamin atau bedak dingin.

5. Obat Mag
Terjebak macet berjam-jam di jalanan dan makanan bekal habis, bisa membuat asam lambung bergejolak dan menimbulkan nyeri di ulu hati. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan obat mag seperti antasida.

Jika sebelumnya Anda sudah memiliki riwayat sakit lambung yang lebih parah, jangan lupa lengkapi persediaan obat-obatan yang lebih kompleks sesuai anjuran dokter.

6. Krim atau gel luka bakar
Mobil yang sedikit bermasalah bisa memaksa Anda membuka penutup mesin untuk mengecek mesin. Utak-atik sana-sini dan tak sengaja menyenggol bagian mesin yang sangat panas.

Jangan dibiarkan! Karena jika dibiarkan, kemerahan akibat menyentuh benda panas tersebut akan semakin parah. Jadi, Anda perlu menyediakan krim luka bakar atau setidaknya gel lidah buaya untuk mengatasi hal-hal seperti itu.

7. Obat-obatan lainnya
Jangan sampai lupa dan yang paling penting, isi kotak P3K dengan obat yang disesuaikan dengan kondisi fisik serta riwayat penyakit Anda. Misalnya, Anda punya asma, berarti harus ada inhaler cadangan. Atau jika Anda punya penyakit hipertensi dan diabetes, obat penurun tekanan darah dan insulin pun wajib dibawa juga.

Loading...
Loading...