Selasa, 04 Juni 2019 09:15 WITA

Pentingnya Bawa Uang Tunai Cukup Saat Mudik

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pentingnya Bawa Uang Tunai Cukup Saat Mudik

RAKYATKU.COM - Keberadaan uang elektronik, terkadang membuat kita mengesampingkan ketersediaan uang tunai di dompet. Namun, penting untuk menyediakan uang tunai yang cukup saat Anda mudik.

Sebab, tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi dengan uang elektronik seperti kartu kredit atau ATM.

Bagi Anda yang melakukan mudik lebaran tahun ini, sebaiknya lakukan persiapan secara matang baik dalam hal kesehatan, sarana transportasi maupun perbekalan seperti uang, pakaian, makanan dan minuman secukupnya untuk persediaan dalam perjalanan. 

Khusus untuk pembekalan berupa uang, seperti diketahui ada dua jenis uang yang paling kita kenal, uang tunai dan uang elektronik seperti ATM, kartu kredit, kartu debit, e-toll dan lain-lain.

Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Uang elektronik lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak yang berpotensi memancing tindak kejahatan orang tak bertanggung jawab. Uang elektronik penting untuk keperluan transaksi berbasis elektronik seperti membayar tol, parkir dan lainnya.

Loading...

Sementara uang tunai meski dari sisi keamanan tidak lebih aman dari uang elektronik tetap harus tersedia sebab tidak semua keperluan saat mudik bisa dipenuhi dengan uang elektronik. 
Bawalah uang tunai secukupnya terutama saat di perjalanan untuk jaga-jaga barang kali Anda benar-benar membutuhkan. Seperti diketahui transaksi uang elektronik hanya digunakan di lokasi-lokasi tertentu seperti tol, mall modern dan yang lain. 

Sementara di lokasi-lokasi lain atau untuk keperluan lain masih lebih banyak yang hanya menerima uang tunai seperti di toko-toko atau warung pinggir jalan, di parkiran biasa atau untuk jasa sesuatu.

Bawalah uang tunai secukupnya saat Anda mudik terutama saat di perjalanan. Sedangkan saat sampai di tempat tujuan atau di kampung halaman, Anda bisa membawa uang elektronik berupa kartu ATM dan yang lain lalu mengambilnya di ATM terdekat manakala benar-benar dibutuhkan. Jangan hanya karena alasan keamanan Anda hanya membawa sedikit sekali uang tunai. Hal ini bisa membuat Anda repot saat membutuhkan.

Loading...
Loading...