Jumat, 31 Mei 2019 10:55 WITA

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan Saat Mudik
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Perjalanan mudik bisa memakan waktu yang cukup lama sehingga membuat badan terasa lelah. Jika kita sedang tidak enak badan, bisa jadi kita akan mengalami gejala mabuk perjalanan seperti kepala pusing, mual-mual, dan muntah. 

Apapun jenis transportasi yang kita gunakan, baik itu transportasi udara, darat, ataupun laut, hingga jenis kendaraan baik itu kendaraan pribadi atau umum, kita tetap akan rentan mengalami mabuk. 

Biasanya, hal ini terkait dengan kondisi tubuh yang sedang kurang fit untuk melakukan perjalanan. Dilansir Doktersehat, berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah mabuk saat menjalani mudik:

1. Jangan makan hingga perut terasa sangat kenyang

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Selain bisa memberikan energi bagi tubuh, hal ini juga bisa membantu mencegah mabuk perjalanan.

Hanya saja, sebaiknya kita juga memperhatikan porsi makanan yang kita konsumsi. Jika kita makan dengan berlebihan hingga kekenyangan, risiko terkena mabuk justru meningkat. Hal ini disebabkan oleh guncangan saat perjalanan yang bisa memicu sensasi pusing dan mual.

Jika kita ingin tetap menjalankan ibadah puasa, kita bisa memulai perjalanan setelah melakukan santap sahur. Hanya saja, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup sebelumnya demi membuat tubuh terasa bugar.

2. Jika terasa pusing, cobalah untuk memejamkan mata

Jika mulai terasa pusing, sebaiknya kita memejamkan mata atau jika perlu beristirahat demi menghilangkannya. Tempatkan kepala dan badan di posisi yang stabil dan nyaman. Jika kita membawa kendaraan sendiri, tak ada salahnya untuk menepi demi beristirahat.

3. Makan permen

Cukup banyak orang yang memilih untuk makan permen untuk mengatasi sensasi pusing dan mual. Permen yang bisa memberikan manfaat ini adalah permen rasa mint. Hanya saja, jika kita terbiasa mengonsumsi permen rasa buah, kita juga bisa mengonsumsinya.

Dilansir Doktersehat, makan permen bisa mempengaruhi produksi asam lambung dan akhirnya membuat sensasi pusing dan mual saat melakukan perjalanan bisa mereda.

Loading...

4. Menikmati pemandangan di luar jendela kendaraan

Membaca buku atau terus memainkan ponsel bisa membuat kepala pusing. Karena alasan inilah kita sebaiknya mulai menikmati pemandangan di luar jendela kendaraan. Apalagi jika kita melewati daerah yang masih hijau. Hal ini bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan akhirnya mampu membantu menghilangkan sensasi pusing dan mual.

5. Memakai minyak angin

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi sensasi mabuk seperti mual-mual dan pusing adalah memakai minyak angin atau minyak aromaterapi. Kita bisa mengoleskannya di dahi atau mencium aromanya demi menghilangkan gejala mabuk perjalanan.

Selain itu, jika kita memakai kendaraan sendiri dan tidak nyaman dengan aroma pengharum ruangan mobil, sebaiknya menyingkirkan pengharum ruangan tersebut demi mencegah mabuk perjalanan.

6. Mengonsumsi obat anti mabuk

Cukup banyak obat anti mabuk perjalanan yang bisa kita dapatkan di toko-toko atau apotek terdekat. Obat-obatan ini sebenarnya membuat kita lebih mudah mengantuk dan akhirnya tertidur di perjalanan sehingga tidak akan mudah mengalami sensasi mual dan pusing.

Hanya saja, jika kita memiliki alergi atau pantangan dengan obat-obatan tertentu, jangan sembarangan mengonsumsinya dan meminta saran ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

7. Mengonsumsi makanan ringan

Sebenarnya, tidak semua orang nyaman dengan makanan ringan, apalagi dengan aromanya yang terkadang justru memicu sensasi pusing dan mual, namun jika kita tidak masalah dengan hal-hal ini, bisa mengonsumsi makanan ringan layaknya biskuit atau keripik demi mengatasi gejala mabuk perjalanan.

Tags
Loading...
Loading...