Kamis, 23 Mei 2019 10:18 WITA

Cara Mengobati Sariawan Saat Puasa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cara Mengobati Sariawan Saat Puasa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sariawan pastinya akan membuat Anda terus-menerus meringis akibat perih yang ditimbulkannya. Bila Anda mengalami sariawan saat puasa, tentu terasa sangat mengganggu. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara mengobati sariawan yang bisa mengganggu kenyamanan Anda dalam berpuasa.

Menurut drg. Callista Argentina dari KlikDokter, kondisi mulut yang kering saat puasa memang bisa memicu sariawan. Tak heran, sariawan saat puasa memang kerap terjadi.

Jadi, jika Anda mengalami hal serupa akibat kondisi mulut yang kering saat puasa, lakukanlah beberapa kiat di bawah ini:

1. Oleskan obat sariawan dua kali sehari

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, cara paling efektif untuk menyembuhkan sariawan saat puasa adalah dengan mengoleskan obat sariawan yang Anda beli di apotek menggunakan cotton bud.

“Anda bisa mengaplikasikannya sebanyak 2 kali sehari, yaitu usai berbuka puasa dan sahur, setelah menyikat gigi. Anda pun dapat mencampurkan 1 sdt hydrogen peroxide dengan 1 sdt air putih, lalu dioleskan ke bagian yang terkena sariawan,” dr. Vita memaparkan.

Hydrogen peroxide bersifat antiseptik, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut, dan meredakan sariawan.

2. Berkumur dengan minyak kelapa

Berkumur dengan 1 sdm minyak kelapa murni (virgin coconut oil) juga bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan. Lakukan sebanyak 3 kali sehari. Minyak kelapa murni ini juga dapat membantu mengurangi rasa perih akibat sariawan.

3. Berkumur dengan teh kamomil

Tak suka dengan tekstur minyak kelapa yang kental? Anda bisa berkumur dengan teh bunga kamomil. Sebab, teh kamomil mengandung zat asam tanin yang dapat meredakan nyeri sariawan.

Loading...

Tunggu hingga teh kamomil berwarna kuning pekat, lalu berkumurlah sebanyak 3-4 kali sehari. Ingat, jangan buang kantung tehnya, Anda bisa menempelkan kantung tersebut pada area yang terkena sariawan.

4. Mengoleskan madu setelah berbuka puasa

Anda juga bisa mengoleskan madu agar sariawan cepat sembuh. Pada sebuah studi kasus, kelompok yang mengoleskan madu pada bagian yang terkena sariawan lebih cepat sembuh ketimbang mereka yang menggunakan salep kortikosteroid atau obat sariawan yang dijual bebas. Tapi ingat, oleskan madu setelah berbuka puasa saja, ya!

5. Kumur air garam dan soda kue

Bila Anda gemas dengan lentingan sariawan, jangan dipecahkan sendiri ya! Kumur saja dengan air campuran garam dan soda kue. Sebab, air garam dapat membantu menarik cairan ke dalam jaringan yang meradang, sehingga sariawan dapat sembuh lebih cepat.

Campurkan 1 sdt garam dan ½ sdt soda kue ke dalam segelas air. Kumur-kumur selama 30 detik, lalu buang. Lakukan sebanyak 2-4 kali sehari.

6. Atur menu makanan sehat untuk buka puasa dan sahur

Percepat proses penyembuhan sariawan dengan banyak minum air putih, sayur, dan buah ketika buka puasa serta sahur. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi adalah buah yang mengandung banyak vitamin C, misalnya jeruk, kiwi, stroberi, atau jambu biji.

Jika sulit mendapatkannya, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran kembang kol atau brokoli, karena keduanya juga kaya akan vitamin C.

Sumber: KlikDokter

Loading...
Loading...