Rabu, 22 Mei 2019 18:56 WITA

Manfaat Sehat Makan Buah Kurma

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Manfaat Sehat Makan Buah Kurma
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat bulan Ramadan banyak umat muslim yang memilih untuk mengonsumsi buah kurma di saat sahur dan berbuka puasa. 

Tak hanya dikonsumsi langsung, buah khas Timur Tengah ini juga sering kali dikonsumsi dalam bentuk sirup atau campuran makanan tertentu.

Selain memiliki rasa yang legit dan manis, buah kurma juga memiliki segudang manfaat sehat. Dilansir laman Klikdokter, berikut beberapa di antaranya:

1. Melancarkan BAB

Kurma mengandung serat yang penting bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan saluran cerna dan mencegah susah BAB. Dalam 100 gr kurma sendiri terdiri atas 7 gr serat yang bisa membantu memenuhi kebutuhan harian serat Anda.

Dalam studi yang dipublikasikan di the British Journal of Nutrition pada tahun 2015, disebutkan bahwa pada 21 responden yang mengonsumsi 7 buah kurma per hari selama 3 minggu mengalami peningkatan frekuensi BAB (menjadi lebih lancar) dibandingkan mereka yang tidak pernah makan kurma sama sekali.

Selain itu studi yang dipublikasikan di jurnal Nutrients menyebutkan bahwa kandungan serat juga dapat mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis sesudah makan. Jadi mengonsumsi kurma bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan berperan untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan menurunkan risiko berbagai penyakit seperti peradangan dan kanker. Buah kurma mengandung antioksidan flavonoid, karotenoid dan asam fenolat. Flavonoid merupakan salah satu antioksidan kuat yang dapat mengurangi peradangan, menurunkan risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan jenis kanker tertentu.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di the International Journal of Clinical and Experimental Medicine pada tahun 2014, disebutkan bahwa kandungan karotenoid dalam buah kurma dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit mata seperti degenerasi makular.

Studi lain yang dilansir pada jurnal Food Chemistry pada tahun 2015 juga menyebutkan bahwa kandungan asam fenolat yang di dalam buah kurma bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Loading...

3. Menjaga kesehatan otak

Penelitian yang dilansir di jurnal Neural Regeneration Research menyebutkan bahwa konsumsi buah kurma secara rutin dapat menurunkan parameter peradangan di otak seperti interleukin 6 (IL-6). Kadar IL-6 yang tinggi berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Studi eksperimental pada mencit yang dipublikasikan di Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyebutkan bahwa mencit yang diberi makanan yang dicampur dengan buah kurma memiliki daya ingat yang lebih baik, kemampuan belajar yang lebih baik dan menurunkan perilaku cemas dibandingkan mencit yang tidak diberi buah kurma.

4. Melancarkan proses persalinan

Dari berbagai penelitian dilaporkan bahwa buah kurma bermanfaat untuk dikonsumsi wanita hamil di trimester akhir yang menunggu proses persalinan. Sebuah studi yang dilakukan di Iran dan dipublikasikan di Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, menyebutkan bahwa konsumsi buah kurma pada beberapa minggu sebelum proses persalinan dapat membantu pembukaan serviks (mulut rahim) dan mengurangi risiko induksi persalinan.

Studi lain yang dilansir di Journal of Obstetrics and gynaecology juga mendukung hal yang sama. Pada penelitian yang dilakukan pada 69 wanita yang makan buah kurma 6 buah per hari 4 minggu sebelum perkiraan tanggal persalinan mengalami peningkatan persalinan secara alami sebanyak 20% dibandingkan wanita hamil yang tidak makan buah kurma sama sekali.

Menurut penelitian tersebut, peran buah kurma dalam membantu persalinan tak lain karena kandungan buah kurma yang berikatan dengan reseptor oksitosin di dalam tubuh dan menghasilkan efek yang menyerupai oksitosin di dalam tubuh. Oksitosin sendiri merupakan hormon yang berperan dalam kontraksi rahim selama proses persalinan.

Buah kurma memiliki beragam manfaat sehat, sehingga sangat bermanfaat jika Anda  tambahkan dalam diet sehari-hari. Kandungan gizi di dalam buah kurma memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Namun mengingat kandungan kalori buah kurma yang tinggi, sebaiknya hindari konsumsinya secara berlebihan.

 

Tags
Loading...
Loading...