Selasa, 14 Mei 2019 04:00 WITA

Renungan: Nasihat untuk Mereka yang Banyak Tertawa

Editor: Nur Hidayat Said
Renungan: Nasihat untuk Mereka yang Banyak Tertawa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Islam tidak melarang orang untuk tertawa. Namun, Syekh Imam Nawawi dalam kitab Nashaihul `Ibad, memberikan nasihat agar umat Islam tidak terlalu banyak tertawa. Banyak tertawa hanya akan menghilangkan kewibawaan.

Syekh Imam Nawawi mengutip pesan yang disampaikan Umar bin Khattab yang berbunyi, siapa yang banyak tertawa maka akan berkurang kewibaannya. Dengan demikian, orang-orang tidak akan segan pada orang yang banyak tertawa dan tidak pula memuliakannya.

Sementara itu, Abu Dzar menyampaikan sebuah hadis yang menyatakan bahwa Rasululah saw pernah bersabda, "Jauhilah olehmu banyak tertawa karena banyak tertawa itu akan mematikan hati dan memudarkan cahaya wajah (kewibawaan)." (HR al-Baihaqi).

Selain itu, Syekh Nawawi juga memberikan nasihat agar umat Islam menghindari banyak bercanda. Beliau kemudian mengutip sebuah hadis Rasulullah, "Bercanda itu merupakan rayuan setan dan tipu muslihat hawa nafsu."

Loading...

Pesan Syekh Nawawi tersebut mengingatkan agar masyarakat di era digital ini tidak bercanda yang berlebihan, termasuk di media sosial dan televisi. Apalagi, bercanda dengan menyinggung masalah agama.

Syekh Nawawi menjelaskan, Umar bin Abdul Azis juga pernah berpesan agar umat Islam tidak banyak bercanda. Hindarilah banyak bercanda karena itu merupakan kebodohan yang dapat menyebabkan dendam.

Sumber: Republika

Tags
Loading...
Loading...