Selasa, 14 Mei 2019 04:30 WITA

Doa agar Selamat pada Hari Perhitung Amal

Editor: Nur Hidayat Said
Doa agar Selamat pada Hari Perhitung Amal

RAKYATKU.COM - Hari perhitungan amal adalah hari di mana Allah swt mengingatkan dan memberitahukan kepada manusia tentang amalan kebaikan dan keburukan yang pernah dilakukan di alam dunia.  

Pada hari itu akan dibalas setiap amal yang telah diperbuat dalam dunia. Di sini manusia sedang menikmati dunia yang kadang sering lalai akan esok beratnya hari perhitungan.

Dunia tidak lain adalah ladang untuk menanam biji yang akan dipanennya kelak di akhirat. Apabila selama di dunia menanam kebaikan, kelak di akhirat kita akan menikmati hasilnya. 
Sebaliknya, jika terlalu berfoya-foya kala di dunia, kelak kesengsaraanlah yang akan kita petik di akhirat. Dalam QS Al-Anbiya ayat 1 diingatkan:

“Telah semakin dekat kepada manusia hari menghisab amal mereka, sedang mereka dalam lalai (dengan dunia berpaling dari akhirat)”       

Sungguh merugi mereka yang sudah diberi kesempatan, namun tidak menyadari kedudukan mereka di dunia ini. Terlena oleh kenikmatan dunia membuat mereka sedikit meluangkan waktu untuk bermunajat kepada Tuhan. 

Bermunajatlah kepada-Nya seakan akan meninggalkan dunia satu hari kemudian. Isilah tabungan amal dengan berbagai macam kebaikan, hingga esok bisa menikmati jerih payah di dunia.

Jika sudah semaksimal mungkin mengisi celengan kehidupan ini dengan amal yang baik, maka selanjutnya adalah pasrahkan kepada-Nya. 

Loading...

Tidak dengan menyebutkan atau meng-update dalam tiap status di sosial media. Cukup Allah yang menjadi saksi perjuangan hidup. 

Alquran menyebutkan salah satu doa untuk kita semua agar bisa selamat pada hari pemebalasan. Doa tersebut tersurat dalam QS Ibrahim ayat 41:

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”

Doa tersebut bisa dibaca sebagai permohonan agar diselamatkan oleh-Nya pada hari pembalasan. Bukan berarti mengajarkan untuk tidak menabung amal baik, namun sebuah pelengkap setelah melakukan segalanya. 
Sebuah ikhtiar agar Allah memberikan rahmat-Nya saat itu. Harapannya, semoga Allah menerima segala amal baik, dan diberi keselamatan pada hari pembalasan.

Sumber: Islami.co

Loading...
Loading...