Senin, 06 Mei 2019 07:00 WITA

Ini Dia Keistimewaan Umrah di Bulan Ramadan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Dia Keistimewaan Umrah di Bulan Ramadan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat Ramadan tiba, umat Islam berlomba-lomba menjalankan amalan kebaikan. Mereka menambah aktivitas sakat sunahnya di malam hari serta menyeringkan sedekah dan lain sebagainya.

Ya, mereka mengejar keutamaan Ramadan. Segala kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya apabila dikerjakan saat Ramadan.

Ada pula sebagian dari saudara kita yang memilih mengisi Ramadan mereka dengan menjalankan umrah. Ada pemahaman beribadah umroh lebih baik jika dijalankan ketika Ramadan.

Apakah keistimewaan umrah Ramadan dibandingkan bulan-bulan lainnya?

Dilansir laman Dream, umrah tergolong ibadah jihad sebagaimana haji. Ibadah ini juga menghapus dosa serta menghilangkan kefakiran.

Umrah saat Ramadan mengandung keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan di bulan-bulan lainnya. Nilai pahalanya sama dengan berhaji bersama Rasulullah Muhammad SAW.

Hal ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Ibnu Abbas RA.

"Rasulullah SAW pernah bertaya kepada seorang wanita, 'Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?' Wanita itu menjawab, 'Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya (maksudnya suami dan anak wanita itu). Ia meninggalkan unta tadi tanda diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut'. Lantas Rasulullah SAW bersabda, 'Jika Ramadan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadan senilai dengan haji'."

Dalam riwayat Imam Bukhari lainnya, Rasulullah SAW bersabda demikian.

"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti berhaji bersamaku."

loading...

Ramadan Bulan Mulia

Istimewanya umroh saat Ramadan disebabkan bulan tersebut adalah mulia. Tempatnya pahalanya disebar ke semesta.

Seperti disebutkan dalam hadis riwayat Al Mahamili dan Ibnu Khuzaimah.

"Rasulullah SAW bersabda, 'Wahai sekalian manusia, telah datang pada kalian bulan yang mulia. Di bulan tersebut terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Puasanya dijadikan sebagai suatu kewajiban. Sholat malamnya adalah suatu amalan sunnah. Siapa yang melakukan kebaikan pada bulan tersebut seperti ia melakukan kewajiban di waktu lainnya. Siapa yang melaksanakan kewajiban pada bulan tersebut seperti menunaikan tujuh puluh kewajiban di waktu lainnya'."

Tak Bisa Gantikan Haji

Namun demikian, Imam An Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim umrah saat Ramadan tidak serta merta menggantikan kewajiban haji meski pahalanya setara.

Sehingga, seseorang yang berumrah ketika Ramadan tetap terkena kewajiban melaksanakan haji.

"Yang dimaksud adalah umrah Ramadan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadan, maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi."

Loading...
Loading...