Sabtu, 23 Maret 2019 04:00 WITA

5 Kelompok Manusia yang Jasadnya Tak Ditelan Bumi saat di Kubur

Editor: Nur Hidayat Said
5 Kelompok Manusia yang Jasadnya Tak Ditelan Bumi saat di Kubur

RAKYATKU.COM - Allah menciptakan hidup dan mati bertujuan agar manusia selalu menjadi orang taat dan menjadi yang terbaik di antara hamba-hamba-Nya. 

Kematian merupakan pintu menuju akhirat yang membutuhkan bekal yang banyak sekali yaitu amal shaleh.

Ada beberapa golongan yang diistimewakan Allah saat dikuburkan, jasadnya masih utuh tak ada yang berubah sama sekali seperti jasadnya para nabi.

Dalam kitab al-Iqna’ karya Imam Al-Khatib As-Syarbini, ia mengutip perkataan Imam at-Tata’i al-Maliki:

“Bumi tak akan menelan jasad nabi, orang alim yang mengamalkan ilmunya, orang yang gugur di medan peperangan, orang yang gemar membaca Alquran atau orang yang hafal Alquran dan mau mengamalkan isinya, juga orang yang selalu azan dengan ikhlas karena Allah bukan untuk mencari gaji.”

Loading...

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa Allah akan memuliakan mereka tidak hanya di dunia dan akhirat, tetapi Allah selalu menjaga jasad mereka agar tak ditelan bumi. Hal ini agar manusia selalu berlomba-lomba dalam kebaikan serta selalu mengambil pelajaran, hikmah dari kematian, karena dengan mengingat mati seseorang akan selalu menata hati sehingga hidupnya bertambah berarti.

Imam Qurtubi dalam kitab Tadzkirah mengutip perkataan Imam Ad-Daqqaq yang menjelaskan orang yang memperbanyak mengingat kematian akan dimuliakan dalam tiga hal. Pertama, segera bertobat; Kedua, selalu menerima (Qana’ah) terhadap rezeki yang diberikan; ketiga, rajin dalam beribadah.

Dari sini pentingnya mengingat kematian agar selalu siap menghadapinya dengan memperbanyak amalan-amalan yang menjadikan selamat di dunia, dan saat ajal menjemput juga selamat sampai akhirat dengan memperoleh banyak nikmat.

Sumber: Islami.co

Loading...
Loading...