Sabtu, 09 Februari 2019 06:00 WITA

Bukan Maksiat, tetapi Dibenci Allah, Apa Itu?

Editor: Nur Hidayat Said
Bukan Maksiat, tetapi Dibenci Allah, Apa Itu?
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap muslim perlu menjauhkan diri dari perbuatan-perbuatan atau amalan yang dibenci Allah swt. Tidak hanya perbuatan maksiat, tetapi juga perbuatan lain yang dibenci Allah.

“Ada tiga macam amalan yang walaupun tidak tergolong maksiat, tapi dibenci Allah,” kata Ustaz Taufiqurrohman dikutip Republika.

Ketiga perbuatan tersebut, kata Ustaz Taufiqurrohman, yang tengah membahas kitab Nashoihul ‘Ibad adalah orang tukang makan, orang yang dalam hatinya ada sifat takabur dan ria, serta orang yang hatinya kikir,” tuturnya.

Ustaz Taufiqurrohman mengemukakan, di antara orang yang dicintai Allah adalah orang yang sedikit makannya. “Orang yang terlalu banyak makan, timbul sifat malasnya, banyak dahak, dan gampang lupa,” ucapnya.

Loading...

Oleh karena itu, kata Ustaz Taufiqurrohman, tiap kali makan dan minum, hendaknya seorang muslim selalu ingat (zikir) kepada Allah. 
Tidak kalah pentingnya adalah selalu memperhatikan sumber rezekinya, yakni dari pekerjaan yang halal dan diridai Allah. “Harta yang kita miliki harus halal dan berkah, dan kita pun harus rajin bersedekah,” katanya.

Ia lalu mengutip Alquran Surat An-Nisa (4) ayat 29, yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian memakan harta-harta kalian di antara kalian dengan cara yang batil, kecuali dengan perdagangan yang kalian saling ridha. Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian, sesungguhnya Allah itu Maha Kasih Sayang kepada kalian.”

Tags
Loading...
Loading...