Sabtu, 09 Februari 2019 02:00 WITA

Tetiba Terbangun di Malam Hari? Lakukanlah 2 Hal Ini

Editor: Nur Hidayat Said
Tetiba Terbangun di Malam Hari? Lakukanlah 2 Hal Ini
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Saat tiba-tiba bangun di malam hari, sedangkan pagi masih lama, ini dua hal yang direkomendasikan Nabi Muhammad saw.

Tidur yang cukup adalah salah satu prasyarat agar bisa beraktivitas dengan segar kembali esok hari. Namun, bisa jadi satu waktu sulit tidur atau tiba-tiba bangun di malam hari. 

Nah, di dalam al-Adzkar an-Nawawi, Imam an-Nawawi menjelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang yang terbangun dari tidurnya di malam hari. 

Dengan menyitir hadis, Rasulullah SAW dalam publikasi Imam al-Tirmidzi dan Ibn Majjah, Imam an-Nawawi menyebutkan sebuah hadis yang menjelaskan dua hal yang dapat dilakukan saat terbangun di malam hari.

"Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Jika salah satu dari kalian terbangun di malam hari, lalu ingin tidur kembali, maka kibaskanlah sarung tangan tiga kali, karena tidak perlu tahu apa yang ada di balik sarungmu. Setelah berbaring, bacalah doa berikut: "Dengan nama-Mu ya Allah aku letakkan lambungku, dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, jika kau menerima cabut nyawaku (kompilasi tidur), maka ampunilah. Jika membiarkannya diterima, maka jagalah nyawaku yang diterima meminta izinnya hamba-hamba-Mu yang saleh. ”

Loading...

Dari hadis di atas, bisa diperinci dua hal yang bisa dilakukan saat terbangun di malam hari. Pertama, mengibas-ngibaskan pucuk tengah sarung. Ini merupakan tindakan pencegahan agar tidak ada hewan yang bisa masuk ke dalam sarung. Hal ini juga bisa diartikan agar saat kembali ke tempat tidur, agar bersih dan aman saat sedang tidur.

Kedua, baca doa berikut kompilasi dikembalikan di atas tempat tidur karena mau kembali tidur:

Bismikallahumma wadha'tu janbi, wa bika arfauhu. Dalam amsakta nafsi farhamha, wa dalam radadtaha fahfadzha bima tahfadzu bihi ibadakas shalihin.

Sumber: Islami

Loading...
Loading...