Sabtu, 15 Desember 2018 04:00 WITA

Saat Pinangan Nabi Muhammad Ditolak Ummu Hani'

Editor: Nur Hidayat Said
Saat Pinangan Nabi Muhammad Ditolak Ummu Hani'

RAKYATKU.COM - Nabi Muhammad saw merupakan manusia yang begitu sempurna. Wajahnya tampan, tubuhnya tegap, dan perangainya sangat santun.

Tentu banyak wanita yang ingin menjadi pendamping Rasulullah saw. Mereka pun ada yang sampai menawarkan diri untuk diperistri junjungan umat Islam.

Meski demikian, Rasulullah saw juga pernah ditolak cintanya. Wanita itu adalah Fakhitah binti Abi Thalib bin Abdul Muthalib bin Hasyim yang lebih dikenal sebagai Ummu Hani'.

Dalam kitab Al Ishobah, Ummu Hani' merupakan sepupu Rasulullah saw. Dia adalah adik perempuan dari Ali bin Abi Thalib.

Cinta Rasulullah saw kepada Ummu Hani' muncul ketika belum diangkat sebagai nabi. Antara Rasulullah dengan Ummi Hani' adalah teman masa kecil.

Suatu hari, Rasulullah saw memberanikan diri untuk meminang Ummi Hani'. Rasulullah pun mendatangi Abi Thalib untuk menyampaikan pinangan.

Akan tetapi, pinangan itu ditolak oleh Abi Thalib karena Ummi Hani' sudah dilamar orang lain. Pria itu adalah Hubayroh, yang merupakan anak dari saudara ibu Abu Thalib dari Bani Makhzum.

Rasulullah saw sempat membujuk agar pamannya itu mau menikahkan putrinya dengannya. Abi Thalib tetap menolaknya dengan halus.

Loading...

"Bahwa mereka telah menyerahkan putri mereka untuk kita nikah," kata Abi Thalib.

Maksudnya, ibunda Rasulullah saw, Fatimah, adalah wanita yang berasal dari keluarga yang sama dengan Hubayroh, yaitu Bani Makhzum. Abi Thalib pun memberikan penjelasan kepada Rasulullah saw.

"Maka, seseorang yang baik haruslah membalas kebaikan yang sama dengan apa yang telah mereka berikan," kata Abi Thalib.

Cinta Rasulullah saw akhirnya bertepuk sebelah tangan. Ummi Hani' kemudian menikah dengan Hubayroh dan dikaruniai empat anak.

Rasulullah saw pun mendapatkan tambatan hati. Seorang wanita yang cantik, kaya, dan menyokong penuh dakwah Rasulullah saw. Dialah Khadijah, wanita yang sudah disiapkan Allah swt untuk menjadi pendamping Rasulullah saw.

Sumber: Islami, Dream

Loading...
Loading...