Kamis, 14 Juni 2018 15:03 WITA

Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik dan Arus Balik

Penulis: Syukur
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik dan Arus Balik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksanaan hari raya Idulfitri 2018 tinggal menghitung jam. Arus mudik semakin bertambah padat, terutama bagi masyarakat yang akan kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga.

Dengan jumlah arus mudik yang semakin meningkat dan dipastikan akan sama saat arus balik, Kasat Lantas Polres Gowa AKP Religia Faradigta membagi tips keselamatan berlalulintas saat mudik lebaran 2018.

Fara, sapaan akrab Religia Faradigta mengatakan, para pemudik harus memperhatikan kapasitas penumpang dengan kendaraan yang digunakan, baik kendaraan jenis motor maupun kendaraan roda empat. 

"Tidak melebihi kapasitas penumpang dan muatan serta periksa kesiapan dan kelayakan kendaraan. Pastikan dokumen kendaraan, diri sudah bersama anda," ungkap Fara.

Fara juga mengingatkan untuk tatap konsentrasi terutama bagi sopir saat sedang mengemudi. Menggunakan HP saat mengemudi disebut akan membayakan pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya. Olehnya itu hindari penggunaan HP.

"Selalu gunakan sabuk keselamatan, tetap konsentrasi selama mengemudi, hindari penggunaan hp saat   mengemudi dan patuhi rambu-rambu lalulintas yang berlaku," tambahnya.

Rara juga mengingatkan kepada pengemudi untuk tetap menjaga stamina saat mengemudikan kendaraan.
Menjaga stamina dapat dilakukan dengan berhenti jika merasa lelah atau mengatuk.

"Jangan memaksakan mengemudi, bila lelah dan mengantuk istirahat setia 4 jam perjalanan. Kondisi fisik yang sehat dan istirahat yang cukup sebelum berangkat mudik," bebernya.

Tak hanya keselamatan berlalulintas saat mudik dan arus balik, Fara juga mengingatkan keamaan rumah yang ditinggal keluar kota. 

"Kunci rumah dan jendela, cabut selang regulator gas dan aliran yang berpotensi korsleting. Berdoa dan semoga selamat sampai tujuan dengan selamat," tukasnya.