Selasa, 12 Juni 2018 11:16 WITA

Soni Sumarsono Sulsel Imbau Pemudik Hati-hati dalam Perjalanan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Soni Sumarsono Sulsel Imbau Pemudik Hati-hati dalam Perjalanan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono mengimbau masyarakat selalu berhati-hati ketika dalam perjalan mudik lebaran Idulfitri di kampung halaman.

"Kepada saudara-saudara, yang berencana merayakan Idulfitri di kampung halaman, saya berpesan agar berhati-hatilah selama dalam perjalanan. Saya ikut berdoa semoga saudara-saudara senantiasa berada dalam keadaan sehat walafiat," kata Soni Sumarsono.

Hal ini disampaikan karena meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran dibanding hari-hari lainnya. 

Berdasarkan catatan Korlantas, jumlah kecelakaan lalu lintas dalam Operasi Ramadniya 2017 yaitu 3.168 kejadian. Jumlah itu menurun 30 persen dari tahun 2016 yang sebanyak 4.550 kecelakaan.

Sulsel adalah tiga daerah tertinggi kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Adapun lima provinsi yang angka kecelakaannya paling tinggi yaitu Jawa Timur (924 kecelakaan), Jawa Tengah (564 kecelakaan), Sulawesi Selatan (227 kecelakaan), DKI Jakarta (137 kecelakaan), dan Sumatera Barat (115 kecelakaan).

Dari sekian banyak kecelakaan tersebut,  jumlah korban meninggal dunia sebanyak 742 jiwa, sedangkan Sulsel korban jiwa meninggal terbanyak kelima dengan jumlah 43 jiwa. adapun empat daerah terbanyak korban jiwa di atas Sulsel, berasal dari Provinsi Jawa Timur (171 jiwa), Aceh (53 jiwa), Jawa Tengah (50 jiwa), Sumatera Utara (46 jiwa), dan Sulawesi Selatan (43 jiwa).

Dengan menjaga kondisi kesehatan dan kelengkapan kendaraan diharapkan dapat menghindari kecalakaan dan sampai dengan selamat di tujuan. 

"Semoga pula saudara-saudara dapat bersilahturahim dengan suasana damai bersama dengan keluarga dan handai taulan," tutupnya.