Senin, 11 Juni 2018 14:00 WITA

Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Tiga Kali

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Puncak Arus Mudik Diprediksi Terjadi Tiga Kali

RAKYATKU.COM - Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2018 akan terjadi tiga kali. Yakni pada 8 dan 9 Juni, 13 dan 14 Juni, serta hari H Lebaran atau 15 Juni 2018.

"Saya awalnya belum percaya sepenuhnya. Namun data itu diperoleh dari hasil penelitian atau survei," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, yang dikutip dari Kontan.

Menurut Budi, terjadi pola baru orang dalam mengambil keputusan untuk berangkat mudik. Terlebih soal puncak mudik yang akan terjadi saat hari H Lebaran.

Kemenhub, lanjutnya, mendapatkan temuan itu dari hasil survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan. Balitbang Kemenhub melakukan penelitian melalui media sosial sekitar dua minggu lalu. Survei Balitbang Kemenhub diikuti 5.000 responden.

"Dari hasil penelitian itu, kami menemukan kepadatan bisa terjadi tiga kali. Pertama tanggal 9, 8 dan 10 Juni, lalu 13-14 Juni, dan pas hari H Lebaran," tutur Budi.

Saat menemukan hal itu, kata Budi, Balitbang dia minta mengecek kembali keakuratannya. Sebab, menurut Budi, bisa saja survei itu diisi pengguna media sosial yang belum berusia matang. Namun akhirnya Budi yakin dengan hasil survei tersebut.

Menurut Budi, fenomena puncak mudik yang bisa terjadi tiga kali ini merupakan efek dari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Cuti bersama Lebaran 2018 merupakan hari libur resmi yang ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2018. Masa cuti bersama mulai 11 hingga 14 Juni dan 18-20 Juni 2018.

"Sekarang kan lebih panjang liburnya, jadi bisa saja pemudik salat id dulu di rumahnya, terus silaturahmi sama kantornya dan lain seterusnya, baru mereka berangkat mudik," ujar Budi.