Kamis, 14 Juni 2018 17:39 WITA

Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memasuki musim mudik, masyarakat berbondong-bondong untuk segera berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Namun, bagaimana agar tetap sehat saat melakukan perjalanan mudik, khususnya bagi ibu hamil?

Simak tips mudik sehat bagi ibu hamil, yang dipaparkan dr Resky Putri Indarwati Abdullah dari Fakultas Kedokteran UMI Makassar ini;

1.Cek kesehatan ibu dan janin secara rutin
Pastikan kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat sebelum mudik. Konsultasi dengan dokter kandungan yang paling tahu mengenai kondisi kehamilan Anda. Dokter kandungan yang bisa menilai apakah kondisi Anda memungkinkan atau tidak untuk melakukan perjalanan jauh, layaknya mudik. Jika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-25, maka kemungkinan besar Anda tidak akan diperbolehkan melakukan perjalanan dengan pesawat.

2. Minta surat keterangan dari dokter spesialis obstetri ginekologi. Hal ini diperlukan karena beberapa alat transportasi seperti pesawat dan kapal laut menjadikan hal ini sebagai syarat bepergian.

3. Perhatikan fasilitas Kesehatan terdekat
Cari tahu terlebih dahulu fasilitas kesehatan yang dapat dijangkau selama bepergian. Hal ini untuk memudahkan anda mengaksesnya selama perjalanan.

4. Konsumsi air mineral yang cukup
Saat tengah hamil, anda akan lebih sering buang air kecil, lebih banyak berkeringat, dan minum lebih sedikit dari biasanya. Nah, saat Anda melakukan perjalanan mudik, apalagi dengan menggunakan pesawat, hal-hal tersebut akan lebih mudah membuat Anda dehidrasi. Karena itu, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup banyak untuk menghindari tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi selama perjalanan.

5. Bekal makanan
Jangan lupa membawa bekal makanan, karena nutrisi ibu hamil harus tetap terpenuhi selama melakukan perjalanan mudik.

6. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman 
Karena digunakan dalam jangka waktu panjang pakaian dan alas kaki yang nyaman sangatlah dianjurkan. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan alas kaki yang terlalu tinggi.

7. Lakukan peregangan ketika bepergian 
Jangan terus duduk, dan beristirahatlah ke kamar kecil atau jalan-jalan kecil sebentar berkeliling, setidaknya sekali setiap 2 jam. Hal ini berguna untuk meningkatkan serta melancarkan sirkulasi darah di bagian kaki Anda dan mengurangi tekanan pada kandung kemih ibu hamil. Hal ini juga akan mencegah Anda cepat lelah dan pusing.

8. Pilihan Transportasi
Pilihlah jenis transportasi yang sesuai kondisi fisik ibu hamil, yang tidak terlalu padat penumpang jika anda memilih naik kendaraan umum.

9. Adanya pendampingan
Usahakan tidak berjalan sendiri dalam jangka waktu lama.
Usahakan selalu ada orang lain yang mendampingi atau menemani Anda, terutama jika usia kehamilan sudah di atas 20 minggu. Jangan pula menyetir sendirian, jika bepergian menggunakan mobil. Selain itu,  simpan nomor telepon dokter kandungan Anda, untuk berjaga-jaga.

10. Bawa barang seperlunya serta jangan lupa senantiasa berdoa selama perjalanan.