Sabtu, 16 Juni 2018 08:03 WITA

Ini Fungsi Pospam Saat Arus Mudik Lebaran dan Arus Balik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Fungsi Pospam Saat Arus Mudik Lebaran dan Arus Balik

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk membuat para pemudik di Sulawesi Selatan terasa aman, tahun ini Polda Sulsel jajaran mendirikan pos pengamanan di setiap daerah. Terhitung sebanyak 121 Pospam ini dibuat, meski jumlahnya masih lebih sedikit dibanding tahun lalu. 

Selain untuk mengawasi prosesi arus mudik yang terjadi di Sulawesi Selatan, pospam ini juga bisa dijadikan tempat peristirahatan bagi para pemudik. Bahkan di pospam tersebut juga bisa dijadikan sebagai panduan mudik jika ada hal yang tidak diketahui. 

"Minimal di pospam itu kita memberikan rasa aman bagi masyarakat yang melintas kapan saja. Masyarakat yang tidak tahu jalan ataupun informasi bisa mendapatkan disitu," kata Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Risyapudin Nursin. 

Pelayanan terjadi juga akan diberikan bagi para petugas di pospam tersebut. Memberi informasi saat ada kemacetan atau kecelakaan lalu lintas adalah beberapa informasi yang akan diberikan para petugas kepada masyarakat yang melakukan mudik. 

Tidak hanya aktif saat mudik, pos pengamanan yang didirikan polisi ini juga aktif di hari lebaran hingga arus balik yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tanggal 18-20 Juni mendatang. 

"Pospam ini istilahnya pos pengamanan. Pengamanan dalam artian keseluruhan baik itu pelayanan yang bisa kami berikan maupun menjamin keamanan, keselamatan pada jalur yang dilintasi disitu," beber Risyapudin. 

Tahun ini, pos pengamanan yang didirikan Polda memang lebih sedikit dibanding tahun lalu. Namun, Risyapudin mengatakan bahwa tingkat pengamanan yang dilakukan akan lebih ketat lagi mengingat kepolisian akan mempraktikkan sistim mobilisasi dalam mengamankan arus mudik dan arus balik di tahun 2018 ini.