Minggu, 10 Juni 2018 05:00 WITA

Ini Tips Tetap Prima Meski Tetap Puasa Saat Mudik

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Tips Tetap Prima Meski Tetap Puasa Saat Mudik
Ist.

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang memilih untuk tidak berpuasa saat mudik. Hal ini biasanya disebabkan oleh jarak yang harus ditempuh sangatlah jauh. Hanya saja, masih ada orang yang ternyata tetap berpuasa meski harus menempuh perjalanan mudik yang sangat berat.

Jika kita tetap berpuasa saat mudik, kita tentu akan mengalami peningkatan risiko terkena kelelahan atau dehidrasi. Padahal, jika sampai kita mengalami dehidrasi, konsentrasi tubuh akan menurun drastis dan risiko untuk terkena kecelakaan pun meningkat. 

Dilansir laman doktersehat, agar tidak sampai mengalami hal tersebut, kita tentu harus memperhatikan banyak hal agar tetap lancar dan aman melakukan mudik meski tetap berpuasa.

Hal pertama yang harus kita perhatikan jika ingin tetap berpuasa saat mudik adalah dengan mengonsumsi santap sahur yang bergizi. Meskipun kita membutuhkan banyak energi, ada baiknya kita tidak mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat karena bisa membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Ada baiknya kita justru menambah asupan buah, sayur, dan daging-dagingan yang bisa menyediakan vitamin, mineral, serat, dan protein.

Lakukan manajemen waktu yang baik saat melakukan mudik. Sebagai contoh, hindari perjalanan yang bisa membuat kita terjebak kemacetan atau hindari berkendara di siang yang panas dan terik yang bisa membuat kita rentan terkena dehidrasi. 

Jika memang mampu, berkendaralah di malam hari yang bisa membuat kita makan dan minum dengan bebas, namun, pastikan untuk beristirahat jika memang sudah mengantuk.

Berpuasa tidaklah hanya tentang menahan lapar dan haus, melainkan juga menahan emosi. Karena alasan inilah ada baiknya kita pandai-pandai mengatur emosi meskipun jalan sedang sangat macet. Jika kita terpancing emosinya, tubuh akan mudah mengalami stres dan akhirnya lebih mudah lelah.