Sabtu, 09 Juni 2018 11:13 WITA

BPJS Kesehatan Siapkan Posko Mudik Lebaran

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
BPJS Kesehatan Siapkan Posko Mudik Lebaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memasuki musim mudik Lebaran Idul Fitri 2018, BPJS Kesehatan kembali menyelenggarakan "Posko Mudik BPJS Kesehatan".

Kegiatan tersebut digelar secara serentak mulai 9 - 14 Juni 2018 di 8 (delapan) titik padat pemudik. Kedelapan titik tersebut meliputi Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Terminal Tirtonadi Surakarta, Stasiun Yogyakarta, Rest Area Cikampek KM 57, Pelabuhan Merak Banten, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Khusus di Pelabuhan Gilimanuk Bali, Posko Mudik ini dibuka mulai tanggal 7 Juni lalu 2018. 
 
“Berkaca dari antusiasme pemudik terhadap kehadiran posko mudik BPJS Kesehatan tahun-tahun sebelumnya, kita selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di titik padat pemudik tersebut. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa diperoleh secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaannya,” kata Direktur Teknologi dan Informasi BPJS Kesehatan Wahyuddin Bagenda, kala meninjau salah satu titik posko mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makasar, Kamis (07/06/2018). 
 
Pada posko tersebut, terdapat dokter, paramedis, ambulance, dan petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan pelayanan bagi para pemudik yang membutuhkan konsultasi kesehatan, fasilitas relaksasi atau istirahat, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat. 
 
Posko Mudik BPJS Kesehatan ini beroperasi selama 24 jam, dimana di dalamnya terdapat dua tim yang bertugas secara bergantian. Masing-masing tim tersebut terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, serta satu dokter dan dua paramedis yang berasal dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. 

Sejumlah ambulance pun sudah disediakan untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi emergency dan harus segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.