Sabtu, 09 Juni 2018 10:02 WITA

Tips Mudik Nyaman Bersama Bayi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tips Mudik Nyaman Bersama Bayi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu hal yang membuat lebaran bermakna adalah mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga.

Mudik, biasanya identik dengan menggunakan transportasi umum. Namun, jika membawa bayi dalam perjalanan mudik, tentunya akan menjadi tantangan tersendiri.

Karena jika rewel, tidak hanya membuat Anda stres, si kecil juga bisa ikut merasa stres. Untuk itu, perlu persiapan yang baik sebelum melakukan perjalanan mudik bersama bayi. Berikut beberapa Tips yang di sarankan dokter dari Fakultas Kedokteran UMI, dr Resky Putri Indarwati, yang perlu diperhatikan ketika membawa si kecil saat mudik.

1.  Persiapkan Seluruh Kebutuhan Bayi 
Ketika mudik dengan si kecil, mempersiapkan kebutuhan itu cukup perlu, seperti pakaian, popok, tisu basah, makanan, susu, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan, dari obat nyeri, salep, hingga inhaler. Persiapkan apapun yang sekiranya dibutuhkan si kecil dan Anda dengan pasangan. Lebih baik punya persiapan daripada penyesalan di akhir.

2. Bawa Mainan atau Benda yang disukai Bayi
Entah itu guling, bantal, hingga mainan favorit, pastikan benda kesayangan si kecil tidak ketinggalan ketika mudik. Biasanya trik ini bisa membuat anak mudah terlelap saat di perjalanan atau bisa mengalihkan perhatian mereka dalam jangka waktu tertentu. Selain barang kesayangan, bawa iPad atau gadget lain juga bisa jadi opsi. Isi gadget dengan beragam video, permainan, buku, atau aplikasi lain yang mendidik untuk berjaga-jaga.

4. Siapkan Makanan yang Disukai Bayi
Bawalah makanan-makanan kecil yang padat kalori. Contohnya, kue, roti, atau makanan buatan sendiri. Juga, susu, dan buah-buahan. Tujuannya, untuk mengantisipasi bila sulit mendapatkan makanan yang sesuai atau yang disukai anak, atau kalau anak enggan makan karena asyik bereksplorasi. Dengan memberikan bekal makanan tersebut sebagai selingan, tubuh anak akan tetap mendapatkan energi, sekali pun jadwal makannya mungkin bergeser atau berubah.

"Jangan lupa mengatur jadwal tidur bayi beberapa minggu sebelum mudik. Serta Pilih jadwal bepergian yang tidk terlalu padat penumpang, jika menggunakan angkutan umum," ujarnya.