Jumat, 08 Juni 2018 20:25 WITA

Tiga Bus Mudik Lebaran Gratis Jasa Raharja tidak Laik Jalan

Penulis: Azwar Basir
Editor: Adil Patawai Anar
Tiga Bus Mudik Lebaran Gratis Jasa Raharja tidak Laik Jalan
Ilustrasi Bus.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIX Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), telah melakukan inspeksi bidang keselamatan lalu lintas angkutan jalan (LLAJ) alias ramp check terhadap 18 bus dari empat PO Bus yang akan dipakai oleh Jasa Raharja untuk mudik gratis lebaran idul fitri.

Ada pun empat PO yang dimaksud adalah PO Borlindo, Piposs, Cahaya Bone dan Sulawesi Trans. Dari keempatnya, tiga PO semua laik jalan kecuali Borlindo, ada tiga busnya tidak laik jalan, yang rute Makassar-Palopo dan dua bus Makassar-Tana Toraja

Artinya, ketiga bus angkutan mudik gratis tersebut dilarang untuk beroperasi atau dipakai mudik karena mempertimbangkan keselamatan penumpang.

"Busnya tidak laik jalan karena kaca depan retak, sabuk keselamatan pengemudi tidak ada, ban belakang sumbu dua gundul semua," ujar Kepala BPTD Wilayah XIX Provinsi Sulselbar, Benny Nurdin Yusuf, Jumat (8/6/2018).

Namun, BPTD Wilayah XIX Provinsi Sulselbar masih memberikan kesempatan kepada ketiga bus tersebut untuk diperbaiki yang mengalami kerusakan.

"Bus ini nanti bisa jalan jika larangan operasinya dicabut, nah itu bisa dicabut jika PO Bus sudah memperbaiki Busnya yang mengalami kerusakan tersebut. Tapi jika tidak kita akan larang untuk pakai mudik," tuturnya.

Benny Nurdin Yusuf, menambahkan bahwa ramp check yang dilakukan ini bukan untuk yang pertama kalinya. Sebelumnya juga sudah dilakukan pada 56 bus milik dua PO, yang hasilnya memang tidak laik jalan sehingga harus diperbaiki sebelum H-7 lebaran.

"Ramp check ini kan menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor HK.106/1/2/DRJD/2018 pada tanggal 8 Mei 2018 perihal Ramp Check Terhadap Kendaraan Bermotor Umum Yang digunakan Sebagai Sarana Angkutan Lebaran Tahun 2018," tutupnya.