Rabu, 13 Juni 2018 10:03 WITA

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Saat Mudik Lebaran

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tips Menjaga Kesehatan Bayi Saat Mudik Lebaran

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mudik memang sudah menjadi tradisi bagi setiap keluarga di Indonesia jelang hari raya. Namun, tak sedikit para orang tua yang memiliki bayi khawatir dengan kegiatan mudik ini. Hasilnya, terkadang para keluarga yang masih memiliki bayi membatalkan tradisi berkumpul bersama keluarga besar demi kesehatan bayi mungilnya. 

Dokter Annes Warren, salah saru Interactive Medical Advisor Alodokter membawa bayi untuk mengikuti perjalanan jauh (mudik) sangat bisa dilakikan oleh setiap keluarva. Tentunya untuk melakukannya diperlukan persiapan yang baik. 

"Mulai dari kesehatan bayi, bekal atau makanan bayi selama di perjalanan, sampai dengan aktivitas yang dapat dilakukan bayi selama dalam perjalanan. Terutama pada bayi yang pilek, harus diberi perhatian khusus," kata dr. Annes dikutip dari Alodokter.com.

Berikut tips yang dianjurkan dr. Annes bagi setiap keluarga yang membawa bayinya ketika melakukan perjalanan jauh agar bayi tetap prima dan sehat.

1. Siapkan dengan matang pakaian yang akan dikenakan bayi, apabila suasana panas, beri bayi pakaian yang tipis, apabila suasana dingin, beri bayi pakaian yang tebal jika perlu gunakan jaket dan topi.

2. Bayi 8 bulan sudah mengkonsumi makanan pendamping ASI (MPASI), oleh karena itu persiapkanlah alat dan bahan untuk memasak MPASI, alangkah baiknya jika bayi tetap mendapat makanan yang dimasak sendiri (tanpa pengawet). 

3. Siapkan cemilan sehat untuk bayi, dapat berupa buah, biskuit khusus bayi. Cemilan ini dapat diberikan di sela waktu makan saat dalam perjalanan. Pilih cemilan yang dapat dipegang sendiri oleh bayi (finger food). 

4. Jaga kebersihan makanan, minuman, peralatan makan bayi selama dalam perjalanan karena bayi rentan mengalami keracunan makanan. 

5. Apabila mudik menggunakan pesawat terbang, hal ini merupakan hal yang berisiko bagi bayi yang sedang pilek, karena dapat membuat telinganya sakit, oleh karena itu sebaiknya dibawa ke Dokter terlebih dahulu, jika perlu Dokter akan memberikan obat pilek yang dapat dikonsumsi beberapa saat sebelum terbang. Pastikan bayi sedang menyusu atau mengunyah saat pesawat lepas landas (untuk mengurangi tekanan pada telinga). 

6. Hindari melewatkan jam makan bayi. 

7. Apabila mudik melalui jalur darat, pastika untuk beristirahat beberapa saat di restarea, dan bawa bayi keluar dari mobil beberapa saat agar bayi tidak bosan.